Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Warna Cat Dinding yang Cocok untuk Ruangan Gelap

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering kali beberapa ruangan mendapatkan lebih banyak cahaya alami daripada yang lain, hanya karena memiliki lebih banyak jendela. Ada solusi agar ruangan gelap tampak terang, yakni dengan cat.

Dikutip dari Martha Stewart, Kamis (23/3/2023), menerapkan beberapa lapisan cat yang tepat dapat membantu mencerahkan ruangan yang remang-remang.

Hindari menggunakan beberapa warna cat yang sebenarnya dapat membuat ruangan terasa lebih gelap, kata Nadia Watts dari Nadia Watts Interior Design di Denver, Colorado, AS.

Selain mengecat dinding, pertimbangkan juga untuk mengecat langit-langit, yang akan membuat ruangan yang lebih gelap terlihat lebih besar dan lebih terang, saran Grey Joyner dari Grey Joyner Interiors, Wilson, North Carolina, AS.

Selain itu, imbuh dia, ppastikan tetap menggunakan satu warna untuk semua dinding. Jangan ada dinding aksen, yang akan memecah ruangan.

Berikut beberapa warna cat dinding yang cocok untuk ruangan gelap, bikin lebih terang dan hangat.

1. Putih

Meskipun warna cat putih mungkin tampak biasa, namun sebenarnya bisa mencerahkan ruangan yang mendapat sedikit akses ke sinar matahari. Anda pun bisa menggunakan warna cat putih dengan nuansa merah muda.

Ketika cahaya memantul dari dinding, itu menciptakan warna yang lembut dan mengundang, sebut Watts.

2. Biru

Gunakan cat dinding warna biru keabu-abuan. Warna ini dapat membantu mengubah ruangan gelap, berkat warna dasarnya yang cerah.


Karena masih netral, warna cat ini akan mampu melapisi dinding tanpa berbenturan dengan elemen desain lainnya.

3. Oranye

Warna yang mengundang dan cerah, oranye akan menambahkan kilau ke rumah, ujar Taniya Nayak, seorang desainer interior selebriti.

Nayak mengatakan bahwa keteduhannya dapat memberikan nuansa hangat dan nyaman ke ruangan yang dingin dan gelap.

4. Hijau

Pertimbangkan melapisi dinding dengan warna hijau. Ini merupakan pilihan yang pas untuk kamar tidur atau kamar mandi yang tidak banyak mendapatkan cahaya alami.

5. Ungu

Cobalah warna cat ungu muda untuk melembutkan ruangan gelap di rumah. Pasalnya, warna ini merupakan keseimbangan yang baik antara hangat dan sejuk untuk ruangan gelap, terang Joyner.

6. Kuning

Jika beberapa ruangan di rumah Anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari alami, pertimbangkan warna cat dinding yang dapat meningkatkan kecerahan. Salah satunya warna kuning.


Watts menyatakan, warna kuning lembut yang dengan mudah mencerahkan ruangan gelap Anda.

7. Coklat

Jangan menghindar dari warna cat yang mungkin terlihat terlalu gelap untuk ruangan yang remang-remang, salah satunya warna coklat. Ini akan membantu menghidupkan desain di ruangan, kata Nayak.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/23/114900676/7-warna-cat-dinding-yang-cocok-untuk-ruangan-gelap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke