Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips agar Kamar Tidur Lebih Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan tempat paling pribadi di rumah, di mana Anda beristirahat setelah menjalani rutinitas.

Kenyamanan kamar tidur dapat memengaruhi kualitas tidur dan istirahat. Karena itu, penting untuk membuat kamar tidur senyaman mungkin.

Jika Anda merasa kenyamanan kamar tidur Anda perlu ditingkatkan, mungkin sekarang saatnya untuk melakukan sesuatu.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuat kamar tidur lebih nyaman dan memberi ketenangan, antara lain dengan memperhatikan pencahayaan dan warna kamar.

Dilansir Decortips, Sabtu (25/2/2023), berikut 5 tips untuk membuat kamar tidur lebih nyaman.

1. Tentukan warna yang tepat

Kamar tidur sebaiknya memiliki warna yang membuat Anda merasa nyaman dan rileks. Piih warna dengan tepat, baik untuk cat dinding, tempat tidur, hingga aksesori dekoratif seperti tirai dan permadani.

Suasana hati dapat bergantung pada warna cat yang dipilih. Warna-warna hangat dapat memberi kesan nyaman, putih dan krem bisa menimbulkan perasaan segar.

Anda dapat mengidentifikasi warna yang paling Anda sukai dan menggabungkannya dengan pas.

2. Perhatikan pencahayaan

Idealnya, udara dan cahaya alami dapat masuk dari jendela kamar Anda. Untuk pencahayaan buatan, pencahayaan kamar tidur harus dapat menciptakan suasana nyaman. Anda dapat memilih warna lembut dan hangat, yakni oranye.


Lampu untuk kamar tidur tersedia dalam model yang dapat dipilih sesuai desain kamar. Tempatkan lampu di meja samping tempat tidur.

Lampu ini juga dapat berguna jika Anda suka membaca di malam hari.

3. Gunakan meja nakas

Tempatkan meja nakas di kedua sisi tempat tidur. Meja nakas berguna untuk meletakkan benda-benda seperti kacamata, ponsel, atau segelas air untuk diminum saat Anda merasa haus di malam hari.

Untuk membuat kamar tidur menjadi lebih bersahabat, Anda dapat mendekorasi nakas dengan vas berisi bunga segar, foto keluarga atau ornamen khusus.

4. Pertimbangkan memasang karpet

Karpet dapat membuat kamar tidur lebih nyaman. Permadani akan menambahkan tekstur pada ruangan, dan memberi kehangatan saat Anda menginjakkan kaki di atasnya. 

Terdapat banyak jenis dan warna permadani. Pilih yang menurut Anda paling nyaman, dan pastikan Anda memilih ukuran karpet yang cukup besar.

5. Hadirkan aroma khusus

Terakhir, Anda dapat membuat kamar tidur lebih nyaman dengan aroma. Ada berbagai macam aroma dari minyak esensial yang dapat memengaruhi suasana hati.

Hal ini bergantung pada selera Anda. Berikut ini beberapa pilihan aroma.

Untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman, personalisasi menjadi hal yang sangat penting. Apapun yang Anda pilih, pilihlah karena hal itu membuat Anda merasa nyaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/25/134309976/5-tips-agar-kamar-tidur-lebih-nyaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke