Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini Cara Membasmi Jangkrik dari Rumah

Kehadiran jangkrik di rumah tak hanya membuat hunian kotor dan terkesan tidak terawat, tapi juga berisik serta mengganggu tidur. 

Selain itu, beberapa jenis jangkrik diketahui dapat memakan pakaian. Karena itu, perlu mengatasi hama ini segera. Semakin cepat melakukan pengendalian hama, semakin kecil masalah yang ditimbulkan. 

Serangan jangkrik adalah masalah yang umum di alami setiap rumah. Saat cuaca hangat, sebagian besar jangkrik akan hidup di luar ruangan.

Namun, begitu cuaca mulai dingin di luar, jangkrik akan bermigrasi ke dalam rumah untuk mencari tempat yang nyaman untuk bersarang.

Jenis jangkrik yang paling umum ditemukan di rumah adalah jangkrik rumah, yang dinamai demikian karena kecenderungannya bermigrasi ke dalam rumah untuk mencari tempat yang gelap dan lembap guna bersembunyi. 

Jangkrik jantan mengeluarkan suara kicauan khasnya untuk menarik perhatian pasangan betina. Meski terdengar merdu, suara jangkrik bukan sesuatu yang ingin Anda dengar di dalam rumah.

Anda mungkin akan menemukan jangkrik bersembunyi di tempat sejuk dan lembap, seperti di bawah perabot, bawah peralatan, atau sudut-sudut lemari yang gelap. 

Cara membasmi jangkrik dari rumah

Kabar buruknya, beberapa jenis jangkrik dapat bertahan hidup di dalam rumah tanpa batas waktu dan sulit dibasmi.

Karena sulit dibasmi, pilihan terbaik adalah memanggil pembasmi hama profesional. Namun, jika masalahnya tidak terlalu parah atau mencari cara alami membasminya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sendiri untuk membasmi jangkrik.

Metode yang lebih disukai di rumah untuk membasmi jangkrik adalah menggunakan bahan molase. Anda mungkin sudah tidak asing lagi memasang perangkap cuka sari apel untuk menangkap lalat buah. 

Demikian pula, perangkap molase-yang terbuat dari campuran molase dan air-sangat efektif untuk menangkap jangkrik.

Cukup campurkan tiga sendok makan molase dengan 473 mililiter air dan taruh campuran tersebut dalam stoples. Jangkrik yang terpikat oleh aroma manisnya akan melompat ke dalam perangkap dan tenggelam.  

Untuk pendekatan yang sedikit lebih kuat, Home Depot merekomendasikan menggunakan tanah diametase (DE) di sekitar pinggir rumah atau di area jangkrik terlihat.

Mereka juga menyarankanmenyemprotkan insektisida di sepanjang kusen jendela dan sudut-sudut ruangan. Ingatlah bahwa zat ini beracun dan anak-anak atau hewan peliharaan harus dijauhkan dari area yang diaplikasikan. 

Pertimbangkan menggunakan lampu luar ruangan berwarna kuning untuk mengurangi kemungkinan jangkrik masuk ke rumah.

Tak hanya itu, menjaga halaman dan pagar tanaman tetap rapi akan menghilangkan potensi tempat bersarangnya jangkrik. 

Jangkrik cenderung bersembunyi di tumpukan sampah atau kayu bakar, jadi simpanlah setidaknya enam meter dari rumah.

Karena ukurannya sangat kecil, jangkrik dapat menyelinap melalui celah terkecil ke dalam rumah. Hindari hal ini dengan memasang penyapu pintu dan menutup celah pada kusen jendela, pipa, dan saluran AC.

Merapikan rumah juga dapat menghilangkan tempat-tempat yang mungkin menjadi tempat persembunyian jangkrik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/05/143111676/simak-ini-cara-membasmi-jangkrik-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke