Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Fakta Kucing Putih, Dianggap Pembawa Keberuntungan dan Pemalu

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing putih memiliki penampilan yang lucu dan menggemaskan. Namun, kucing putih bukanlah ras tertentu, tetapi banyak ras kucing yang berbeda dapat memiliki bulu putih yang panjangnya bervariasi.

Selain itu, dikutip dari The Spruce Pets, Sabtu (4/2/2023), kucing putih bisa memiliki variasi warna mata yang berbeda, meski banyak yang memiliki mata biru yang indah, atau bahkan mata dengan dua warna berbeda.

Sementara setiap kucing memiliki kecantikan yang unik, mistik, dan sejarah serta kebiasaan yang menarik, kucing putih memiliki banyak fakta menarik.

Berikut beberapa fakta kucing putih yang menarik untuk disimak.

1. Banyak ras kucing berbeda memiliki bulu putih

Kucing putih tidak terkait dengan ras tertentu. Sebaliknya, banyak ras kucing yang berbeda, baik berbulu panjang maupun pendek, dapat memiliki bulu putih , termasuk Persia, Angora, American Shorthair, Siam, dan Devon Rex.

Lantas, apa yang menyebabkan bulu kucing putih?

Jika kucing memiliki gen W dominan, yang dikenal sebagai gen penutup, ia akan "menyembunyikan" setiap gen warna dan pola bulu lainnya dalam susunan genetik kucing, menghasilkan bulu putih.

2. Kucing putih bisa memiliki warna mata yang sangat unik

Tahukah Anda warna mata kucing terkait dengan produksi melanin dalam tubuh? Karenanya, kucing putih atau berwarna terang sering kali memiliki mata yang cerah.


Kucing putih bisa memiliki beragam warna mata yang mencolok, seperti biru, hijau, kuning, jingga, atau kombinasi warna hijau dan biru.

3. Kucing putih bukan albino

Kucing putih bukanlah albino. Ada perbedaan utama antara kucing putih dan kucing albino.

Kucing putih hanya memiliki gen untuk bulu putih, sedangkan albinisme adalah kondisi genetik yang menyebabkan kurangnya pigmentasi warna pada kulit, bulu, dan mata.

Cara termudah untuk menentukan apakah kucing itu albino atau bukan adalah dengan melihat matanya. Kucing putih dapat memiliki berbagai macam warna mata.

Namun, kucing albino sering kali memiliki mata yang terlihat sangat pucat, biru, merah muda, atau merah.

Mata mereka tidak benar-benar merah jambu atau merah. Pantulan cahaya terhadap pembuluh darah di mata mereka hanya membuat mereka terlihat.

4. Kucing putih juga berisiko terkena sengatan sinar matahari

Seperti manusia, kucing dengan bulu tipis atau putih berisiko lebih tinggi terkena sengatan matahari, terutama di telinga, kelopak mata, dan hidungnya.

Karena lebih rentan terhadap sengatan matahari, kucing putih juga memiliki risiko lebih tinggi terkena karsinoma sel skuamosa atau kanker kulit.


Penting untuk mengambil langkah yang tepat untuk melindungi kulit terang kucing dari kerusakan akibat sinar matahari, antara lain sebagai berikut.

Jika kucing suka berjemur, coba batasi waktu di samping jendela terang antara pukul 10 pagi dan 4 sore.

Pertimbangkan untuk membeli gorden atau tirai tebal yang akan membantu memblokir atau membatasi sinar UV yang masuk melalui jendela.

5. Kucing putih dianggap membawa keberuntungan

Tidak seperti kucing hitam yang dianggap pembawa sial, kucing putih melambangkan keberuntungan dan nasib baik dalam berbagai budaya di dunia.

Kucing pembawa keberuntungan di Jepang, yang disebut Maneki Neko, paling sering digambarkan sebagai kucing putih. Berasal sekitar tahun 1870, patung-patung ini ditempatkan di dekat pintu masuk rumah dan toko untuk membawa keberuntungan.

6. Kucing persia putih paling populer

Kucing putih yang paling mencolok dan populer mungkin adalah persia. Bulu mereka yang panjang dan halus serta mata yang besar dan ekspresif terlihat sangat elegan.

Tidak heran mereka menghiasi kalender bertema kucing dan kemasan makanan hewan sejak lama.

Namun, jika Anda memiliki kucing persia putih, perawatan rutin adalah kuncinya.

7. Kucing putih dianggap pemalu

Sementara setiap kucing memiliki kepribadian yang unik, orang sering suka menggeneralisasi berbagai warna kucing dan tipe kepribadian mereka.

Kucing putih sering dikatakan sedikit lebih pemalu dan lebih tenang daripada warna lain.

8. Peliharaan presiden AS

Beberapa Presiden Amerika Serikat memiliki kucing putih yang berlarian di sekitar Gedung Putih selama masa jabatan mereka.

Rutherford B. Hayes, Gerald Ford, dan Jimmy Carter, masing-masing Presiden AS ke-19, ke-38, dan ke-39, semuanya memiliki kucing Siam. Walaupun banyak kucing Siam tidak sepenuhnya putih, sebagian besar bulunya berwarna putih.

William McKinley, Presiden AS ke-25, memiliki dua kucing Angora dengan nama yang sama eksotisnya, yakni Enrique DeLome dan Valeriano Weyler.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/04/161000576/8-fakta-kucing-putih-dianggap-pembawa-keberuntungan-dan-pemalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke