Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Anjing Sussex Spaniel, dari Karakter, Sejarah, dan Perawatan

Sussex spaniel memiliki bulu cukup panjang dan sedikit bergelombang di bagian bawah dengan warna hati keemasan yang menjadi ciri khasnya.  

Secara keseluruhan, anjing Sussex spaniel berkaki pendek dan bertubuh panjang seperti anjing Dachshund. Tampilan ini memungkinkan Sussex spaniel untuk bergerak melalui semak belukar menangkap mangsa.

Anjing Sussex spaniel juga mempunyai telinga cukup panjang yang menggantung ke bawah. Mata cokelatnya yang lembut dan alis tebalnya membuat Sussex spaniel memiliki ekspresi cemberut, padahal ras anjing ini sangat ceria. 

Apabila tertarik memeliharanya, dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (31/1/2023), berikut sejumlah hal tentang anjing Sussex spaniel.

Ras anjing ini santai di dalam rumah selama kebutuhan olahraganya terpenuhi. Sifat keras kepala juga dapat membantu membentuk kepribadiannya meski tetap dapat mengikuti pelatihan dengan baik.

Sejarah sussex spaniel

Sussex spaniel berakar dari daerah Sussex di Inggris bagian selatan. Selama 1700-an, penduduk di wilayah ini bekerja untuk mengembangkan anjing penembak yang kokoh dengan kaki pendek.

Mereka membutuhkan anjing ini untuk dapat menavigasi tanah yang berat dan dedaunan yang lebat di daerah tersebut.

Mereka juga mengembangbiakkan anjing ini agar lebih vokal daripada anjing spaniel pada umumnya sehingga para pemburu dapat melacaknya meski anjing menghilang di balik semak belukar yang lebat. 

Sussex spaniel apertama kali diakui Kennel Club of the United Kingdom, Badan Pengasuhan Anjing Inggris, pada akhir 1800-an. Namun, popularitasnya menurun pada Perang Dunia II dan hampir punah.

Sussex spaniel masih tetap langka sampai sekarang dan paling umum ditemukan di Inggris dan Amerika Utara. American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, pertama kali mengakui trah ini pada1878.

  • Latihan

Berikan anjing Sussex spaniel setidaknya satu jam latihan per hari untuk membuatnya tetap tenang di dalam rumah.

Berjalan kaki, mendaki gunung, dan berenang merupakan aktivitas yang ideal untuk membantu Sussex spaniel membakar energi.

Namun, Sussex spaniel tidak boleh melakukan olahraga berat hingga mencapai dewasa untuk mencegahnya merusak lempeng pertumbuhannya. 

Selalu jaga anjing Sussex spaniel dengan tali asaat berada di luar. Ras anjing ini memiliki dorongan memangsa yang tinggi dan mengabaikan perintah penarikan Anda saat ingin mengejar mangsa yang dilihatnya. 

  • Perawatan

Sikat anjing Sussex spaniel satu hingga dua kali seminggu untuk menghilangkan bulu yang rontok serta mencegah bulu kusut.

Bulunya tidak perlu digunting meski dapat menggunting bulu yang tumbuh di bagian bawah kaki anjing untuk membantu mencegahnya tergelincir.

Sussex spaniel akan mengalami periode rontok lebih sering pada musim semi dan gugur seiring perubahan cuaca sehingga perlu lebih sering menyisirnya.

Mandikan anjing Sussex spaniel setiap bulan, tergantung pada seberapa kotornya. Periksa telinganya setidaknya setiap minggu untuk mengetahui apakah ada penumpukan kotoran, serpihan, dan kelainan lainnya.

Selain itu, pastikan mengeringkan telinganya dengan baik setiap kali basah. Periksa apakah  perlu menggunting kukunya setiap bulan dan usahakan menyikat giginya setiap hari. 

Ras anjing ini dapat menjadi keras kepala dalam hal pelatihan. Selalu gunakan metode pelatihan dengan penguatan positif karena Sussex spaniel sensitif terhadap koreksi yang keras.

Gunakan banyak pujian dan camilan untuk mendorong perilaku yang baik. Selain itu, usahakan memberikan Sussex spaniel banyak pengalaman positif dengan orang lain dan anjing guna membantu menghilangkan sifat pendiamnya di sekitar orang asing. 

Masalah kesehatan umum

Sussex spaniel adalah anjing berumur cukup panjang, tetapi rentan terhadap beberapa masalah kesehatan yang bersifat turun-temurun, termasuk kesulitan kehamilan, masalah jantung, kembung, kanker, kekurangan piruvat dehidrogenase (gangguan metabolisme). 

Diet dan nutrisi

Selalu sediakan air bersih untuk anjing Sussex spaniel. Berikan makanan anjing yang berkualitas dengan nutrisi seimbang. 

Namun, karena ras anjing ini rentan terhadap kembung dan perut melilit yang berpotensi mengancam jiwa, yang sering kali disebabkan makan terlalu cepat, pertimbangkan memberikan makanan dengan porsi lebih kecil dan sering. 

Diskusikan jumlah dan jenis makanan yang sesuai untuk Sussex spaniel dengan dokter hewan untuk memastikan memenuhi kebutuhannya.

Namun, kebutuhan nutrisi dapat berubah berdasarkan usia, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/31/171028476/mengenal-anjing-sussex-spaniel-dari-karakter-sejarah-dan-perawatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke