Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Ayam yang Sudah Dimasak Dapat Bertahan di Kulkas?

Namun, dalam kondisi tertentu, ayam yang telah dimasak tidak dapat dikonsumsi habis alias tersisa. Biasanya, banyak orang menyimpan beragam sisa makanan, termasuk ayam matang dan olahan ayam, ke dalam kulkas untuk diolah kembali pada hari berikutnya dan membuat tahan lama. 

Akan tetapi, menyimpan ayam yang sudah dimasak ke dalam kulkas tidak dapat bertahan lama. Ayam matang ini memiliki usia penyimpanan. 

Lantas, berapa lama ayam matang boleh disimpan di kulkas? 

Dilansir dari Eating Well, Selasa (31/1/2023), berapa lama ayam yang dimasak dapat bertahan di kulkas, tergantung pada bagaimana ayam tersebut diproses dan disiapkan.

FoodSafety.gov, sumber informasi konsumen federal tentang keamanan makanan, menyarankan salad ayam, nugget dan roti ayam, serta sisa ayam yang dimasak (dipanggang, ditumis, digoreng) dapat bertahan di kulkas antara tiga hingga empat hari.

Sosis ayam yang sudah matang dan daging bekal makan siang dapat bertahan hingga satu minggu karena mengandung kadar natrium lebih tinggi sehingga garam dapat mengawetkan produk tersebut lebih lama. 

Pertama, pastikan sisa ayam disimpan di kulkas dalam waktu dua jam setelah dimasak. Bakteri dapat berkembang biak dengan cepat ketika suhu daging berada di "Zona Bahaya", yaitu antara 4 derajat Celsius dan 60 derajat Celsius. 

Setelah itu, masukkan ayam matang dalam wadah bersih, kering, kedap udara, atau menyegelnya dalam kantong plastik food grade yang tidak terpakai akan membantu mempertahankan kesegaran serta kualitas daging.

Kemudian, berikan label pada ayam yang sudah dimasak berisi tanggal masuknya ke kulkas untuk membantu Anda melacak berapa hari yang tersisa untuk menikmatinya. 

Cara mengetahui ayam yang disimpan masih aman dikonsumsi 

Meski menyimpan ayam yang sudah dimasak di kulkas dapat bertahan antara tiga hingga empat hari, ada kemungkinan ayam tersebut menjadi basi lebih awal. Untuk itu, perlu memperhatikan tanda-tanda berikut ini.

Selain itu, melihat jamur berwarna hijau keabu-abuan pada permukaan daging, yang menunjukkan pembusukan. 

  • Bau

Mungkin sulit mengetahui apakah daging ayam sudah basi jika daging tersebut diasinkan atau diolah dengan bumbu, rempah-rempah, atau saus.

Terkadang, daging ayam yang sudah busuk tidak memberikan tanda-tanda pembusukan seperti berbau. 

Tanda mengetahuinya adalah menggunakan jangka waktu tiga sampai empat hari. Namun, ayam yang dimasak dengan cara salah akan mengeluarkan bau busuk dan asam yang sulit dikenali jika mengendusnya dengan baik. 

  • Tekstur

Ayam yang dimasak terlalu lama mungkin terlihat berlendir. Sayangnya, membilas atau memanaskan kembali ayam yang sudah matang tidak serta merta membunuh bakteri atau menghancurkan racun.

Malahan, mencucinya dapat meningkatkan kontaminasi pada makanan dan peralatan lain, yang menyebabkan peningkatan risiko keracunan makanan. Jika ayam sudah berlendir, segera membuang ke tempat sampah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/31/145000576/berapa-lama-ayam-yang-sudah-dimasak-dapat-bertahan-di-kulkas-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke