Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Menggunakan Garam untuk Membersihkan Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Garam adalah bumbu dapur yang lazim dimiliki di rumah. Akan tetapi, garam juga dapat digunakan untuk membersihkan rumah.

Ada banyak benda di rumah yang dapat dengan mudah dibersihkan dengan garam. Dikutip dari Cookist, Selasa (31/1/2023), garam bisa sangat baik untuk membersihkan rumah, sebagai produk pembersih alami yang ekonomis dan ramah lingkungan.

Bersama dengan soda kue, cuka, dan lemon, garam adalah salah satu bahan utama deterjen buatan sendiri. Kekuatan pembersihan garam diberikan oleh potensi higroskopisnya, yaitu kemampuannya untuk menarik dan menahan cairan.

Berikut beberapa cara menggunakan garam untuk membersihkan rumah.

1. Membersihkan kulkas

Jika kulkas kotor dan berbau tidak sedap, Anda dapat menyiapkan larutan pembersih dengan menambahkan satu sendok teh garam ke dalam satu liter air, dan menyemprotkan campuran tersebut pada spons yang akan Anda gosokkan pada kulkas.

Dengan cara ini, semua rak kulkas akan menjadi bersih dan putih.

2. Membersihkan lantai dan permukaan keras

Anda juga dapat menggunakan kekuatan sanitasi garam untuk membersihkan lantai, ubin, dan permukaan keras lainnya, kecuali marmer, yang merupakan bahan yang lebih sensitif dan dapat rusak.

Garam membuat permukaan ini berkilau dan memungkinkan Anda memiliki lantai yang selalu berkilau dan cerah. Tambahkan segenggam garam ke dalam 1,5 liter air panas.

Untuk noda yang lebih membandel, tambahkan juga sedikit soda kue.


Digunakan sebagai senyawa krim, ini juga membantu membersihkan persendian. Isi gelas dengan setengah air dan setengah garam kasar dan aduk untuk mendapatkan campuran yang homogen.

Tuangkan pada sikat gigi dan oleskan pada persendian yang akan memutih dalam beberapa menit.

3. Membersihkan peralatan perak dan mesin pembuat kopi

Peralatan perak akan berkilau kembali jika direndam dalam baskom berisi air dan garam. Noda akan dihilangkan dan benda akan kembali bersinar.

Atau, jika sangat menghitam, buat pasta dengan tepung, cuka dan garam dan gosok. Jika Anda tidak dapat membersihkan mesin pembuat kopi, cukup larutkan satu sendok teh garam ke dalam air dan didihkan untuk menghilangkan semua sisa kopi dan kotoran.

Jika Anda menambahkan sedikit perasan lemon, moka akan semakin cemerlang.

Jika wastafel tersumbat, Anda bisa menggunakan air mendidih dengan dua sendok makan garam kasar untuk digunakan kembali.

4. Membersihkan wadah plastik

Untuk membersihkan wadah kaca, sebaiknya tidak menggunakan sabun cuci piring. Lebih baik memilih campuran air panas, cuka dan garam kasar.

Goyangkan saja dengan kuat lalu bilas.

5. Membersihkan peralatan stainless steel aluminium

Untuk membersihkan bak cuci piring dapur atau rak aluminium, campurkan secangkir kecil garam dengan air perasan lemon. Oleskan pasta lembut ini ke permukaan dengan spons lembut, bilas dengan spons basah lalu keringkan dengan kain katun bersih.


Saat Anda harus membersihkan panci yang terbakar, Anda bisa menggunakan garam, cuka, beberapa tetes lemon segar, dan sedikit tepung untuk membuat pasta yang mirip dengan scrub untuk membersihkan panci.

Untuk alumunium bisa juga menggunakan campuran air panas dan soda kue, dioleskan di permukaannya lalu dikeringkan dengan koran.

6. Membersihkan setrika

Untuk membersihkan bagian bawah setrika, Anda bisa melewatkan garam kasar dengan menggosoknya dengan spons baja yang agak basah hingga menjadi mengkilap. Noda air dan batu kapur akan hilang.

7. Menghilangkan jamur dan karat

Saat Anda memiliki masalah jamur, Anda dapat mencampurkan garam dan air perasan lemon, lalu mengoleskan larutan tersebut pada noda.

Juga ketika Anda memiliki benda berkarat, senyawa yang sama dapat digunakan untuk membuatnya kembali seperti baru.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/31/101415476/7-cara-menggunakan-garam-untuk-membersihkan-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke