Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Membuat Kamar Tidur yang Nyaman dan Mengundang Relaksasi

Kamar tidur juga memainkan peran penting dalam kehidupan seseorang. Sebab, kamar tidur menjadi ruang memulai dan mengakhiri hari, yang mempengaruhi produktivitas dan energi. 

Karena itu, penting berinvestasi di kamar tidur dengan mendekorasi dan menatanya guna menciptakan menjadi tempat perlindungan yang hangat serta tenang. 

Dilansir dari Roohome, Rabu (18/1/2023), berikut beberapa ide membuat kamar tidur yang nyaman dan mengundang relaksasi. 

Untuk menciptakansuasana yang intim, gabungkan sumber pencahayaan yang berbeda, termasuk lampu di samping tempat tidur atau lampu plafon yang dipasang secara strategis.

Biarkan cahaya alami sebanyak mungkin karena ini adalah sumber cahaya terbaik. Jendela besar dengan perawatan tepat akan memberikan daya tarik estetika luar biasa pada kamar tidur. 

Bahan alami dan warna menenangkan

Selanjutnya, ide membuat kamar tidur yang nyaman dan mengundang adalah menggunakan bahan alami serta warna menenangkan.

Kayu, rotan, batu, anyaman, linen, dan geodes adalah material alami yang menambah kenyamanan di ruangan mana pun, termasuk kamar tidur.

Temukan inspirasi dan ide tentang bagaimana dan di mana menggunakannya. Hindari benda-benda besar yang terbuat dari plastik dan logam reflektif, yang membuat kamar tidur tampak rumit dan dibuat-buat. 

Untuk warna dan tekstur, pikirkan warna-warna menenangkan daripada warna cerah. Meski pola grafis yang berani tampak menarik, ini tidak cocok untuk kamar tidur.

Fokuslah pada praktik-praktik bawaan yang lebih kecil yang bekerja baik saat  memperkenalkan tekstur sensual.

Bantal bulu imitasi, bantal berlapis, dan rajutan yang nyaman dengan warna netral adalah tambahan bagus untuk memulai. Melapisi elemen-elemen lembut ini di seluruh ruangan akan memberikan kesan ramah. 

Pastikanselalu menjaganya dalam kondisi baik dengan membalik dan memutar kasur setelah beberapa saat. Pastikan melindunginya dengan penutup kasur yang tahan air untuk memastikannya tetap kering.

Produsen merekomendasikan mengganti kasur setiap lima hingga 10 tahun. Tanda lain bahwa sudah waktunya mengganti kasur adalah ketika bangun tidur dengan tubuh terasa sakit dan pegal-pegal.

Tempat tidur adalah furnitur utama di kamar tidur. Karena itu, belilah rangka tempat tidur yang proporsional dengan ruangan.

Setelah itu, belilah seprai yang menenangkan. Tidak ada yang lebih baik daripada menyelipkan seprai yang lembut di tempat tidur yang nyaman setelah hari yang panjang. 

Menjaga udara tetap segar dan bersih

Terakhir, ide membuat kamar tidur yang nyaman dan mengundang adalah menjaga udara tetap segar serta bersih. Menambahkan minyak diffuser ke kamar tidur adalah cara bagus membuat udara lebih bersih, segar, dan wangi.

Minyak esensial memiliki banyak manfaat dan digunakan sebagai alat aromaterapi untuk mengatasi kegelisahan juga kecemasan.

Selain itu, bisa menggunakan tanaman hias. Ini tidak hanya membersihkan udara, tapi juga menghidupkan ruangan, memberi kesegaran, serta meningkatkan daya tarik estetika.  

Lakukan perbaikan 

Lantai kamar tidur yang retak tidak hanya merusak interior, tetapi juga dapat menyebabkan kecelakaan serta mengganggu tidur. 

Cara terbaik memulai membuat kamar tidur yang nyaman dan tenang adalah memperbaiki permukaan dan barang-barang yang sudah rusak, termasuk lantai, dinding, AC, atau kipas angin. 

Misalnya, memperbaiki AC yang bekerja kurang optimal atau meningkatkan ke AC yang cerdas dapat memastikan kamar tidur mempertahankan suhu yang tepat dan nyaman.

Suhu yang nyaman ini tentu dapat mengundang untuk relaksasi, bahkan menunjang tidur berkualitas. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/18/202700876/5-ide-membuat-kamar-tidur-yang-nyaman-dan-mengundang-relaksasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke