Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Makanan Tahan di Kulkas Saat Mati Listrik?

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca buruk seperti hujan deras bisa menyebabkan pemadaman listrik. Kondisi listrik yang mati bisa membuat kulkas mati pula, dan membuat makanan di dalamnya berisiko rusak.

Pemadaman listrik yang berlangsung beberapa menit tidak akan memengaruhi kualitas makanan di kulkas atau freezer. Namun, bagaimana dengan pemadaman listrik yang berlangsung berjam-jam?

Dikutip dari Health, Jumat (13/1/2023), umumnya, jika pintu kulkas tetap tertutup, makanan tahan di kulkas tanpa listrik selama empat jam. Makanan tetap baik selama 24 jam dalam freezer setengah penuh dan 48 jam dalam freezer penuh.

Makanan di dalam freezer tetap dingin lebih lama lagi, bertahan sekitar satu hari jika freezer setengah penuh atau hampir 48 jam jika penuh.

Bila terdapat lebih banyak makanan di dalam freezer, maka freezer akan mempertahankan suhu dingin lebih lama daripada jika makanannya lebih sedikit.

Namun demikian, jangan tergoda untuk memeriksa makanan setiap beberapa menit.

Membuka pintu kulkas atau freezer mempercepat kenaikan suhu, menyebabkan makanan Anda menjadi lebih cepat basi daripada jika Anda menutup pintunya.

Sangat penting untuk menutup pintu kulkas dan freezer selama pemadaman listrik untuk menjaga suhu dingin, jelas Sims.

Cara mengetahui makanan di kulkas mulai membusuk

Selama pemadaman listrik, Anda dapat menggunakan termometer alat di dalam kulkas dan freezer untuk membantu menentukan apakah makanan Anda aman.

Biasanya, suhu kulkas harus 4,4 derajat celcius atau lebih rendah, dan suhu freezer harus minus 17 derajat celcius atau lebih rendah, ujar Sims.

Jika tidak ada termometer untuk mengukur suhu, Anda dapat menggunakan termometer makanan pada masing-masing barang untuk menentukan apakah aman untuk dimakan.

Sementara beberapa makanan, seperti produk susu dan daging, mungkin mulai terlihat atau berbau tidak sedap, Anda tidak dapat selalu mengandalkan indera Anda untuk menentukan keamanan makanan.

Agar bahan makanan di dalam freezer aman untuk dibekukan kembali atau disiapkan untuk dikonsumsi, maka harus memiliki suhu internal di bawah 4,4 derajat celcius.

Jika daging, telur, atau sisa makanan telah berada di atas 4,4 derajat celcius selama lebih dari dua jam, saatnya untuk membuangnya, saran Sims.

Jika Anda tidak yakin apakah akan menyimpan atau membuang makanan Anda, Layanan Keamanan dan Inspeksi Pangan AS (FSIS) memberikan panduan cepat yang menjelaskan kapan harus membuang berbagai kelompok makanan.

Misalnya, jika suhu sudah di atas 4,4 derajat celcius selama lebih dari dua jam, segera buang daging, keju lunak, susu, dan yogurt. Sebaliknya, dalam hal ini, Anda dapat menyimpan keju keras, mentega, dan margarin, buah segar yang belum dipotong, dan makanan seperti wafel dan panekuk.

Namun untuk menghindari pemborosan makanan, sebaiknya konsumsi makanan yang mudah rusak, termasuk sisa makanan, daging, unggas, dan makanan yang mengandung susu, keju lunak, krim, atau krim asam di kulkas terlebih dahulu, dengan asumsi suhunya menjamin keamanannya.

Cara menjaga makanan agar tidak basi di kulkas saat pemadaman listrik

Jika kemungkinan listrik akan padam selama beberapa hari, belilah dry ice atau es balok untuk kulkas atau freezer untuk menjaga suhu bahan makanan yang mudah rusak.

Jika pemadaman listrik sudah berlangsung lebih dari empat jam, pindahkan makanan yang didinginkan ke es untuk mempertahankan suhu 4,4 derajat celcius.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Anda dapat memasak makanan berpendingin yang dibekukan di bawah 4,4 derajat celcius selama pemadaman listrik.

Akan tetapi, jangan menaruh makanan di luar agar tetap dingin. Menurut Departemen Kesehatan Negara Bagian New York, suhu di luar yang cukup dingin untuk makanan yang didinginkan masih terlalu hangat untuk makanan beku.

Jadi, meski di luar sangat dingin, sinar matahari masih bisa memanaskan makanan ke suhu yang menumbuhkan bakteri.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/13/190600476/berapa-lama-makanan-tahan-di-kulkas-saat-mati-listrik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke