Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Talenan Pakai Garam dan Lemon

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan kayu merupakan alat di dapur yang setiap hari digunakan. Mulai dari daging, sayuran, hingga buah-buahan bisa menjadi bahan yang dipotong setiap harinya.

Terlebih, karena permukaan talenan kayu yang berpori, ini dapat menyerap semua kelembapan dan juga kuman serta bakteri.

Untuk itu, pembersihan yang maksimal dan rutin harus dilakukan agar talenan terjaga dari kuman dan bakteri lainnya. Untuk membersihkan talenan kayu, Anda memerlukan air yang mengalir dan lemon serta garam jika pembersihan ingin dilakukan lebih mendalam. 

Dilansir dari The Kitchn, Kamis (29/12/2022), membersihkan talenan kayu menggunakan garam dan lemon bisa dilakukan seminggu sekali, hal ini bisa mengikis semua kotoran yang ada di permukaan talenan.

Prosedurnya sederhana. Anda bahkan tidak perlu menggunakan lemon yang baru dipotong, namun lemon yang sebagian besar diperas sudah cukup.

Berikut cara membersihkan talenan kayu pakai lemon dan garam. 

Alat dan bahan dibutuhkan

Pertama, oleskan garam secara merata di permukaan talenan kayu. Gunakan garam kasar agar hasilnya maksimal dan dapat mengangkat kotoran yang ada di permukaan talenan kayu. 

Kemudian, gosok permukaan talenan menggunakan setengah bagian lemon dengan bagian yang dipotong menghadap ke bawah. Gosok permukaannya, peras sedikit untuk mengeluarkan sari lemonnya. 


Lalu, diamkan selama lima menit lalu kikis sisa garam dan lemonnya menggunakan pengkisi lalu buang. Setelahnya, bilas permukaan dengan spons basah yang bersih. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/29/171255476/cara-membersihkan-talenan-pakai-garam-dan-lemon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke