Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing Ini Cocok Dipelihara di Apartemen dan Rumah Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda tinggal di apartemen yang mengizinkan adanya hewan peliharaan, memelihara anjing bisa menimbulkan dilema. Sebab, ada banyak anjing yang dapat hidup dengan baik di rumah kecil, namun ada juga yang tidak.

Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (27/12/2022), anjing apa pun jenisnya, dapat menjadi bosan di ruang kecil, yang menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan.

Apabila Anda ingin memelihara anjing di apartemen, jaga agar anjing tetap berolahraga dan cobalah permainan puzzle atau mainan untuk stimulasi mental.

Anjing yang menjadi penghuni apartemen terbaik adalah ras yang umumnya pendiam dan memiliki energi rendah hingga sedang.

Anjing yang lebih kecil cenderung lebih cocok di apartemen atau rumah kecil, meskipun beberapa ras anjing kecil cenderung ceria dan terlalu berisik untuk rumah yang memiliki tetangga dekat.

Berikut beberapa ras anjing yang cocok dipelihara di apartemen dan rumah kecil.

1. Basset Hound

Basset hound biasanya adalah anjing yang rendah hati. Anjing ini cukup energik tetapi cenderung kurang aktif seiring bertambahnya usia.

Sebagian besar anjing basset hound senang berjalan-jalan setiap hari, tetapi tidak membutuhkan banyak olahraga.

2.Bichon Frise

Bichon frise adalah favorit di antara penggemar anjing kecil. Bichon frise biasanya anjing yang setia dan bahagia dengan tingkat energi sedang.


Meskipun banyak anjing kecil yang dikenal suka menggonggong, bichon frise tidak terlalu berisik. Sesi bermain harian dan jalan-jalan harus cukup untuk memenuhi kebutuhan olahraga bichon frise.

3. Bulldog

Bulldog berukuran sedang memiliki tingkat energi sedang. Olahraga teratur diperlukan, tetapi ras anjing ini memiliki toleransi yang cukup rendah terhadap aktivitas.

Satu atau dua jalan kaki setiap hari dan beberapa permainan biasanya sudah cukup. Bulldog umumnya adalah sahabat yang setia dan periang.

Cavalier King Charles Spaniel biasanya ceria dan periang, namun tenang dan lembut. Anjing ini memiliki tingkat energi sedang, mendapat manfaat dari jalan-jalan dan permainan sehari-hari.

Anjing ini bisa menjadi sahabat terbaik pemiliknya. Anjing ini bisa cukup vokal, tetapi umumnya senang meringkuk dengan tenang di sofa.

5. Chihuahua

Chihuahua mengemas banyak kepribadian ke dalam bingkai kecil. Ras anjing ini memiliki tingkat energi sedang hingga tinggi, membutuhkan jalan-jalan dan bermain setiap hari, tetapi ukurannya yang mungil berarti apartemen kecil adalah ruang yang memadai.


Beberapa anjing Chihuahua mungkin sedikit vokal, terutama saat mereka mendengar calon penyusup, tetapi dengan pelatihan yang memadai Anda dapat mengekang gonggongan.

6. Chinese Crested

Anjing Chinese Crested cenderung waspada dan penuh kasih sayang, menikmati menghabiskan waktu bersama keluarganya. Ukurannya yang kecil dan tingkat energi sedang menjadikan anjing ini pilihan bagus lainnya untuk apartemen.

Meskipun penampilan mereka halus, mereka adalah atlet yang kuat.

Olahraga anjing dan permainan puzzle sangat ideal untuk melatih pikiran dan tubuh mereka.

7. Greyhound

Anda mungkin mengenal anjing Greyhound untuk balapan, tetapi anjing ini senang bermalas-malasan di sofa.

Meskipun menikmati lari yang baik, Greyhound tidak memiliki daya tahan yang cukup untuk membutuhkan lebih dari jalan kaki setiap hari.

Anjing ini cenderung sangat penyayang dan mungkin mengeluh dengan keras saat ditinggal sendirian. Pelatihan untuk kecemasan akan perpisahan dapat membantu.

8. Maltese

Ceria namun lembut, anjing Maltese sangat menyenangkan. Itu hanya membutuhkan latihan dasar sehari-hari, termasuk berjalan atau dua kali dan waktu bermain.

Selain itu, ras anjing ini cenderung tidak bersuara dibandingkan dengan banyak anjing kecil lainnya. Ia senang duduk di pangkuan Anda dan menghujani Anda dengan kasih sayang.

9. Pudel

Anjing pudel hadir dengan berbagai ukuran dapat hidup dengan baik di apartemen. Anjing-anjing ini cerdas dan memiliki tingkat energi sedang hingga tinggi.

Beberapa anjing pudel mungkin membutuhkan latihan ekstra agar mereka tetap bahagia di rumah kecil. Akan tetapi, mereka cenderung disiplin dan patuh dengan pelatihan yang tepat.

10. Shih Tzu

Shih tzu adalah anjing kecil yang bahagia, penuh kasih sayang, dan suka bermain yang hanya membutuhkan latihan dasar sehari-hari dan pelatihan umum.

Anjing-anjing ini cenderung terikat erat dengan manusia favorit mereka. Tetapi jika Anda harus meninggalkan mereka di rumah, kemungkinan besar mereka akan dengan senang hati bersantai sambil menunggu Anda kembali.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/27/131954476/10-ras-anjing-ini-cocok-dipelihara-di-apartemen-dan-rumah-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke