Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Solusi Feng Shui untuk Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak rumah memiliki kamar tidur yang dilengkapi kamar mandi di dalamnya. Fitur ini, yang disebut dengan kamar tidur en suite, telah menjadi fitur pokok konstruksi rumah baru sejak pertengahan abad ke-20.

Akan tetapi, dilansir Home Guides SF Gate, Rabu (7/12/2022), menurut feng shui, tata letak ini menghadirkan masalah kecuali jika dirancang dengan cermat. Feng shui bertujuan untuk mengoptimalkan aliran chi atau energi vital kehidupan di seluruh rumah.

Menempatkan kamar mandi di dalam kamar tidur dapat mengganggu aliran chi atau mengarahkannya dengan cara yang tidak harmonis.

Kamar tidur en suite menarik bagi pemilik rumah yang ingin membuat tempat istirahat yang sangat pribadi jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan rumah tangga.

Namun, menempatkan dua aktivitas yang tidak sesuai, yakni istirahat dan pembersihan yang terkait dengan kamar tidur di samping fungsi pembersihan dan pembuangan limbah dari kamar mandi, di ruang yang sama mengarah pada tantangan praktis dan energik.

Saat pasangan berbagi suite, pencahayaan yang terang dan suara pipa yang mengalir dari kamar mandi dapat mengganggu tidur. Selain itu, menurut feng shui, pipa menyalurkan chi yang kuat, sedangkan energi air dari kamar mandi menyebabkan perasaan tidak beralas.

Karena kita menghabiskan sepertiga dari hidup di kamar tidur, akumulasi stres dari kondisi buruk ini bisa menguras tenaga, terutama bagi orang yang sensitif.

Feng shui kamar mandi

Memperbaiki feng shui kamar mandi penting di mana pun letaknya di rumah, tetapi sangat penting untuk kamar mandi di dalam kamar tidur. Biasakan untuk menutup tutup toilet dan saluran air bak cuci dan bak tersumbat.

Kedua tindakan tersebut dapat membantu mencegah chi rumah "terbuang sia-sia". Kamar mandi harus memiliki setidaknya satu jendela.

Jika jendela kurang, yang sering terjadi di kamar mandi en suite, gunakan cermin dan tanaman hijau, baik asli atau palsu, untuk menghadirkan energi kesegaran dan pertumbuhan.

Ubin atau aksesori keramik, yang mewakili elemen tanah, di kamar mandi membantu membumikan chi dan mengimbangi elemen air kamar mandi.

Feng shui kamar tidur

Jangan pernah memosisikan kepala tempat tidur ke dinding yang berisi saluran pipa kamar mandi, dapur, atau ruang cuci. Jika memungkinkan, atur kamar tidur en suite sehingga tidak ada bagian tempat tidur yang berhadapan langsung dengan pintu kamar mandi.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk tidur di kamar tidur terbesar kedua dan mengubah kamar tidur en suite Anda menjadi penggunaan yang berbeda, seperti ruang kerja, ruang prakarya, atau ruang bermain anak.

Langkah-langkah ini, jika memungkinkan, dapat menghindari masalah feng shui dari penjajaran kamar mandi.

Tutup pintu kamar mandi

Menutup pintu kamar mandi pada malam hari atau selama waktu tidur merupakan solusi yang jelas. Untuk keuntungan ekstra, ikat pita merah ke gagang pintu kamar mandi agar chi tetap bersirkulasi.

Pilihan ini dapat menimbulkan masalah akses, terutama bagi orang tua yang perlu ke kamar mandi di malam hari. Tempatkan sekat lipat yang ringan untuk menyembunyikan pintu dari tempat tidur, sambil tetap menyisakan celah untuk masuk.

Lampu malam yang lembut di kamar mandi menambah ukuran keamanan untuk kegiatan buang air di malam hari dan menarik chi dengan baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/07/083508476/solusi-feng-shui-untuk-kamar-mandi-di-dalam-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke