Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Letakkan Pohon Natal di 5 Lokasi Ini di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon Natal menjadi elemen dekorasi penting setiap perayaan hari Natal. Biasanya pohon Natal diletakkan di area rumah yabg sering dijadikan tempat berkumpulnya keluarga.

Namun, jika Anda meletakkan pohon di tempat yang salah, Anda mungkin akan mengalami kebakaran rumah atau cedera serius.

Dilansir Best Life, Senin (5/12/2022), menurut Brianna Deerwester, koordinator komunikasi di Electrical Safety Foundation International, hampir setengah dari kebakaran rumah di AS terjadi selama bulan Desember, Januari, dan Februari. 

Kebakaran yang disebabkan oleh pohon Natal biasanya lebih mematikan daripada yang lain, katanya.

Untuk mencegah bencana liburan dan memastikan Anda menempatkan pohon secara praktis, hindari beberapa tempat ini untuk meletakkan pohon Natal. 

1. Di depan jendela

Salah satu tempat yang harus Anda hindari saat memutuskan  akan meletakkan pohon Natal di depan jendela. 

Sebagai gantinya, Anda harus mencoba memilih tempat di mana pohon tidak akan menghalangi cahaya memasuki ruangan, menurut pakar pohon Natal Deemer Cass dari Fantastic Services. Sinar matahari alami menghangatkan rumah Anda di hari yang dingin dan tidak boleh terhalang. 

2. Dekat sumber panas

Hindari meletakkan pohon Natal di dekat sumber panas apapun, ini termasuk kompor dan alat lainnya yang memancarkan energi panas.

Faktanya, menurut Matthias Aleckna , pakar energi di Energy Rates, tempat nomor satu yang harus Anda hindari untuk meletakkan pohon Natal adalah dalam jarak 90 cm dari sumber panas. 

3. Di dekat pintu masuk rumah

Secara teori, menempatkan pohon Natal di dekat pintu masuk terdengar seperti ide yang bagus. Lagi pula, di situlah para tamu akan melihatnya tepat saat mereka tiba. 

Namun, Ana Bera, pakar keamanan rumah dan salah satu pendiri Safe at Last, memperingatkan bahwa jika Anda meletakkan pohon Natal di dekat pintu keluar, ada kemungkinan besar Anda akan menabraknya. Anda dapat merobohkan ornamen dan berpotensi tergelincir di atasnya.

4. Di ruangan dengan plafon rendah

Cara yang baik untuk memastikan pohon Natal Anda terlihat sempurna adalah dengan meletakkannya di ruangan dengan plafon tinggi.

Setidaknya harus ada jarak 45 cm antara bagian atas pohon dan langit-langit, saran Jeneva Aaron, desainer interior dan blogger dekorasi rumah di The House Wire.

Anda harus menyisakan ruang untuk meletakkan bintang, tetapi harus ada beberapa sentimeter ekstra di atasnya.

5. Di tengah ruangan 

Saat Anda meletakkan pohon Natal di tengah ruangan, pada dasarnya Anda menciptakan penghalang lain untuk lewat. 

Ketika tepat di tempat terbuka, kemungkinan besar akan menjadi bahaya tersandung, terutama jika Anda memiliki anak. Anda tentu tidak ingin pohon Natal tumbang di tengah ruang tamu kata Melanie Musson, pakar keamanan rumah.

Meskipun ini tidak terlalu berbahaya dan lebih mengganggu, meletakkan pohon Natal Anda di tengah ruangan pasti akan menghalangi komunikasi selama pesta liburan.

Ini mungkin tampak seperti tempat yang sempurna, tetapi bayangkan kumpul-kumpul liburan Anda, kata Musson. Semua orang duduk di sekitar ruangan, tapi tidak ada yang bisa bercakap-cakap dengan siapa pun di seberang ruangan karena pohon itu menciptakan penghalang.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/05/094203976/jangan-letakkan-pohon-natal-di-5-lokasi-ini-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke