Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Boleh Meninggalkan Anjing Sendirian di Rumah?

Namun, kesibukan dan pekerjaan membuat beberapa pemilik terpaksa meninggalkan anjing peliharaan sendiri di rumah, bahkan dalam waktu lama. Hal ini pun harus terjadi dari waktu ke waktu. 

Pemilik anjing pemula atau baru yang meninggalkan anjing peliharaan sendirian di rumah untuk pertama kalinya sering bertanya-tanya berapa lama meninggalkan anjing sendirian?

Jawabannya, tentu akan bervariasi dari anjing ke anjing. Seekor anjing tidak dapat menangani sendirian dalam waktu lama, termasuk tidak dilatih menggunakan toilet, perlu sering diberi makan atau pengobatan, dan mengalami kecemasan akan perpisahan.

Meski seekor anjing tampaknya dapat menangani sendirian selama berjam-jam, disarankan tidak membiarkan sahabat bulu sendiri selama lebih dari enam hingga delapan jam. Itu pun hanya untuk anjing dewasa yang sehat dan terlatih di rumah. 

Faktor lain meliputi seberapa sering anjing membutuhkan perawatan atau bantuan dari pemiliknya. Tahap kehidupan anjing saat ini bisa sangat membantu pemilik anjing mendapatkan gambaran umum tentang berapa lama mereka bisa mandiri.

Namun, selalu ada pengecualian terhadap ukuran dan usia anjing seperti berikut ini dkutip dari Cuteness, Sabtu (3/12/2022). 

Anak anjing dapat dibiarkan sendiri tergantung pada usianya

Seekor anjing dianggap sebagai anak anjing bila berusia di bawah satu tahun. Anak anjing membutuhkan perawatan dan perhatian paling banyak daripada tahap kehidupan lainnya.

Sebagai pedoman umum, anak anjing dapat dibiarkan sendiri selama satu jam untuk setiap bulan usianya.

Misalnya, anak anjing berusia tiga bulan dapat dibiarkan sendirian selama tiga jam, anak berusia lima bulan dapat sendirian selama lima jam, dan seterusnya sampai mereka lebih dari enam bulan.

Namun, anak anjing muda berusia di bawah 10 minggu tidak boleh sendirian selama lebih dari satu jam dan anak anjing berusia 10-12 minggu tidak dapat mentoleransi waktu sendiri selama dua jam. 

Umumnya, anjing rumahan dalam tahap kehidupan ini dapat dibiarkan sendiri selama sekitar enam jam dan anjing tidak disarankan pergi lebih dari delapan jam sendirian. Namun, ini dengan catatan anjing peliharaan telah dilatih baik.  

Anjing senior dapat sendirian untuk waktu lama

Rata-rata, anjing senior berusia dimulai antara usia tujuh dan 10 tahun, tetapi mungkin lebih-kurang tergantung pada ras dan genetika mereka.

Banyak anjing senior dapat sendirian selama waktu anjing dewasa, tetapi inin tergantung pada kondisi kesehatan anjing seperti fungsi kandung kemih anjing, jarak pandang, mobilitas, dan faktor kesehatan lainnya.

Anjing senior yang tidak bisa menahan kencing atau buang air besar seperti dulu harus benar-benar diberi kesempatan untuk lebih sering menggunakan kamar mandi di luar karena kecelakaan di dalam ruangan dapat membuat anjing stres. 

Misalnya, bila saat ini sedang dalam cuaca buruk atau anjing hidup dengan penyakit kronis, membutuhkan lebih banyak perhatian daripada anjing yang sehat, berapa pun usianya.

Selain itu, anjing dengan kecemasan akan perpisahan merasa sulit untuk tetap sendirian di rumah untuk waktu berapa pun. 

Begitu pun anjing yang baru diadopsi terkadang juga kesulitan memahami rutinitas dan lingkungan baru dengan segera sehingga tidak bisa meninggalkan sendiri di rumah untuk waktu lama. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/03/174200876/berapa-lama-boleh-meninggalkan-anjing-sendirian-di-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke