Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Chia Seed di Pot, Sumber Makanan Nutrisi Tinggi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chia (Salvia hispanica) adalah tanaman yang berasal dari Meksiko dan Guatemala. Chia seed baru-baru ini karena nilai gizi dan manfaat kesehatannya.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (29/9/2022), tanaman chia adalah anggota dari Lamiaceae atau keluarga mint. Tanaman ini memiliki penyebaran yang agresif seperti kebanyakan tanaman mint.

Bunga chia memiliki tampak seperti gandum pada batang yang tingginya mencapai 90-150 cm. Bunga kecil berbentuk lonceng hadir dalam warna ungu-biru.

Bisakah chia seed berkecambah di pot?

Chia seed dapat berkecambah di pot untuk kemudian ditahan di dalam ruangan atau di area kebun. Sebarkan benih dengan ringan di dalam pot, dan sering-seringlah menyiraminya.

Setelah kecambah tumbuh setinggi 3-5 inci, maka dapat ditransplantasikan. Beri mulsa tanaman karena mereka tidak suka bersaing dengan gulma.

Perbanyakan tanaman chia

Taburkan benih dengan ringan di atas media tanam yang mengalir dengan baik dan tutupi dengan ringan.

Jaga agar tanah sedikit lembap dan letakkan di tempat yang mendapat cahaya terang dan tidak langsung.

Cara menanam chia seed

1. Pencahayaan

Tanam tanaman chia di bawah sinar matahari penuh jika Anda menginginkan panen terbaik. Hindari menyimpan tanaman di tempat teduh, karena tidak akan tumbuh dengan baik.

Tempat yang mendapat banyak cahaya langsung untuk sebagian besar hari akan menjadi yang terbaik.

2. Tanah

Tanaman chia serbaguna dan beradaptasi dengan berbagai kondisi. Saat menanam dalam pot, gunakan media tanam komersial yang dicampur dengan pasir dan segenggam atau lebih bahan organik.

3. Penyiraman

Tanaman tahan kekeringan ini menyukai penyiraman secara teratur hingga matang. Setelah itu, sirami hanya jika lapisan tanah atas agak kering.

Jangan biarkan media tumbuh benar-benar kering, karena akan melumpuhkan pertumbuhannya.

4. Pupuk

Untuk meningkatkan hasil panen, gunakan banyak bahan organik di media tanam, bersama dengan beberapa kompos pada saat tanam. Anda juga bisa menggunakan sedikit alfalfa.

5. Panen chia seed

Memanen chia seed adalah tugas yang cukup mudah. Tanaman siap panen dalam waktu tiga sampai empat bulan sejak tanggal tanam.

Waktu panen dimulai ketika sebagian besar kelopak jatuh dari mekar. Biarkan mengering dalam kantong kertas atau rak pengering.

Isi kepala bunga dalam kantong kertas, biarkan terbuka agar ada sirkulasi udara, dan tunggu sampai kering. Setelah selesai, goyangkan kepala ke dalam tas dan kumpulkan semua bijinya untuk dikonsumsi.

Manfaat chia seed

Juga dikenal sebagai 'pseudocereal,' chia seed tinggi kandungan minyak dengan nutrisi seperti niasin dan thiamin. Chia seed juga memiliki banyak mineral makanan seperti selenium, mangan, tembaga, dan fosfor.

Menurut sebuah penelitian, chia seed adalah sumber antioksidan potensial dengan adanya asam klorogenat, asam caffeic, myricetin, quercetin, dan kaempferol yang diyakini memiliki efek perlindungan jantung, hati, antipenuaan, dan karakteristik anti-karsinogenik.


Studi lain di Slovenia melaporkan bahwa chia seed mengandung asam lemak yang sehat, asam lemak tak jenuh ganda, serat makanan, protein, vitamin, dan mineral.

Selain itu, chia seed merupakan sumber polifenol dan antioksidan yang sangat baik, seperti asam caffeic, asam rosmarinic, myricetin, quercetin, dan lainnya.

Anda dapat menambahkan chia seed ke dalam granola bar, sereal, yogurt, dan makanan yang dipanggang.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/29/085500276/cara-menanam-chia-seed-di-pot-sumber-makanan-nutrisi-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke