Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bau di Rumah, Lemon hingga Cuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau tidak sedap di rumah tentu saja menciptakan ketidaknyamanan. Ada banyak penyebab bau tidak sedap di rumah, mulai dari makanan yang busuk hingga sisa noda atau kotoran.

Akan tetapi, Anda tidak perlu membeli produk penghilang bau yang dijual di pasaran. Ada banyak bahan alami di rumah yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Dikutip dari Reader's Digest, Sabtu (13/8/2022), berikut beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan bau di rumah.

1. Ampas kopi

Singkirkan bau makanan busuk di kulkas atau freezer dengan ampas kopi atau bubuk kopi. Isi beberapa mangkuk dengan bubuk kopi bekas atau segar dan masukkan ke dalam freezer atau kulkas semalaman.

Untuk aroma kopi beraroma, tambahkan beberapa tetes vanila ke ampas kopi.

2. Bola kapas

Basahi bola kapas dengan salah satu wewangian favorit Anda. Gunakan bahan-bahan seperti parfum favorit Anda, minyak esensial seperti lavender, jus lemon, atau ekstrak vanila.

Coba letakkan satu di vacuum cleaner agar aromanya terekspresikan ke seluruh ruangan saat Anda membersihkan debu. Anda juga dapat meletakkan bola kapas basah di rak kulkas untuk bertindak sebagai pewangi. 

3. Lemon

Lemon dapat digunakan di seluruh rumah untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap. Jika bau tempat sampah semakin menyengat, masukkan kulit lemon untuk menghilangkan baunya.

Jika Anda ingin seluruh dapur memiliki aroma lemon dan bukan hanya bak cuci piring, potong lemon menjadi dua dan letakkan potongan menghadap ke atas dalam semangkuk air dan biarkan.

4. Jeruk

Jeruk dapat digunakan dengan cara yang sama seperti lemon digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap di rumah. Jeruk juga bisa dengan cengkeh untuk membuat pomander.

Pomander telah digunakan selama berabad-abad untuk mengisi ruang kecil dengan aroma yang menyenangkan serta untuk memerangi ngengat. Pomander juga sangat mudah dibuat.

Ambil seikat cengkeh dan tempelkan ke dalam jeruk, menutupi seluruh permukaannya. Gantung pomander menggunakan seutas tali, letakkan di dalam lemari atau ruangan dan itu akan membuat ruangan tetap segar.

5. Garam

Apakah bau tak sedap tercium dari tempat sampah? Segarkan dengan garam.

Masukkan setengah cangkir garam dan air dingin. Garam akan mengeluarkan kotoran yang menempel dan menetralisir bau.

6. Rempah-rempah

Alih-alih menggunakan penyegar udara komersial, cukup masukkan segenggam cengkeh utuh atau batang kayu manis ke dalam panci berisi air dan biarkan mendidih di atas kompor selama setengah jam.

Atau letakkan satu atau dua sendok teh rempah bubuk di atas loyang dan masukkan ke dalam oven dengan suhu 93 derajat celcius dengan pintu terbuka selama 30 menit.


7. Ekstrak vanila

Hilangkan bau tak sedap di rumah, lemari es, dan microwave dengan vanilla. Lap bagian dalam lemari es dengan ekstrak vanila.

Untuk memperpanjang aroma vanila segar, rendam bola kapas atau sepotong spons dengan ekstrak vanila dan biarkan di kulkas

Apakah bau amis, atau bau kuat lainnya, tertinggal di microwave? Tuangkan sedikit ekstrak vanila ke dalam mangkuk dan microwave di suhu tinggi selama satu menit.

Jika Anda lebih suka tidak memiliki bau cat baru yang tidak sedap di rumah, campurkan 1 sendok makan ekstrak vanila ke dalam kaleng cat saat Anda membukanya.

8. Cuka

Hilangkan bau asap yang tertinggal dengan menempatkan mangkuk dangkal sekitar tiga perempat penuh cuka putih atau cuka apel di ruangan tempat aromanya berada. Gunakan beberapa mangkuk jika baunya meresap ke seluruh rumah.

Bau akan hilang dalam waktu kurang dari sehari. Anda juga dapat dengan cepat menghilangkan bau asap rokok di dalam ruangan dengan membasahi kain dengan cuka dan mengibaskannya sedikit.

9. Soda kue

Jika Anda lupa meletakkan beberapa makanan di belakang kulkas dan aroma yang tertinggal sangat kuat, soda kue dapat membantu. Tempatkan kotak terbuka di kulkas untuk menetralisir bau tidak sedap.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/13/092800776/9-bahan-alami-yang-bisa-menghilangkan-bau-di-rumah-lemon-hingga-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke