Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Manfaat Teh Celup untuk Tanaman, Usir Hama hingga Jadi Pupuk

JAKARTA, KOMPAS.com - Teh celup biasanya langsung dibuang ke tempat sampah setelah digunakan. Akan tetapi, ternyata teh celup memiliki berbagai manfaat bagi tanaman dan kebun Anda.

Dilansir Balcony Garden Web, Sabtu (13/8/2022), daun teh mengandung sekitar 4,15 persen nitrogen dan nutrisi lain yang menyuburkan tanah. Daun teh juga memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan drainase.

Selain itu, asam tanat dalam daun teh dapat sedikit mengubah dan menurunkan pH tanah, seperti halnya bubuk kopi.

Berikut beberapa manfaat teh celup untuk tanaman dan kebun.

Namun, sebelum menggunakannya di tumpukan kompos, selalu buka kantong tehnya.

2. Mengusir hama

Seduh teh dengan kantong dan Anda dapat menggunakannya untuk menyirami tanaman dan juga menaburkan daunnya. Ini adalah cara organik untuk mencegah hama dan penyakit jamur sambil memberikan nutrisi.

3. Nutrisi bagi tanaman

Robek beberapa kantong teh celup dan taburkan isinya di sekitar tanaman. Daun teh akan menyuburkan tanaman setiap kali Anda menyiram dengan meningkatkan kadar nitrogen, memperbaiki struktur tanah, dan memberi cacing tanah makanan yang enak untuk dimakan.

4. Bagus untuk tanaman hias yang menyukai tanah asam

Pakis dan banyak tanaman hias lainnya lebih menyukai tanah asam. Buka kantong teh celup dan kerjakan daun teh bekas ke dalam tanah dalam pot.


Ini akan sedikit menurunkan tingkat pH dan juga memberi tanaman nutrisi dan mineral.

5. Mempercepat pengomposan

Seduh teh kental dengan kantong teh bekas dan setelah dingin, tuangkan cairan dan kantong teh ke atas tumpukan kompos. Ini akan mempercepat proses pengomposan dan juga akan membuatnya kaya asam.

6. Pupuk alami untuk tanaman pot

Daun teh yang diseduh menjadi pupuk cair yang berguna karena mengandung mineral, karbohidrat, dan nutrisi lain yang membantu pertumbuhan tanaman.

7. Nutrisi untuk tanaman mawar

Mawar sangat menyukai daun teh. Buka kantong teh bekas dan taburkan daun teh di sekitar tanaman mawar untuk memberi mereka dorongan pertumbuhan yang dibutuhkan.

8. Membantu pembibitan

Teh celup merupakan sumber makanan nabati yang baik. Anda dapat menumbuhkan bibit dengan mendorongnya perlahan ke dalam kantong dan membiarkannya tumbuh secara alami seperti semula.

9. Membersihkan daun tanaman

Menggunakan kantong teh untuk membersihkan permukaan daun dengan lembut adalah ide yang bagus. Daun teh juga akan menyerap sedikit teh yang juga bisa memberikan dorongan yang sehat.


 

10. Singkirkan belatung

Jika Anda menghadapi masalah dengan belatung dan cacing di kebun, teh celup bisa sangat membantu. Celupkan kantong teh ke dalam air lemon dan jahe dan kubur di area yang dipenuhi cacing.

Ini akan membunuh belatung secara instan.

11. Menghilangkan jamur

Gunakan teh yang diseduh dengan chamomile untuk melawan atau menghilangkan jamur dari tanaman. Karena teh memiliki sifat antijamur, penyemprotan pada bagian tanaman yang terkena akan bermanfaat. Anda juga bisa menambahkan daun teh hijau agar lebih manjur.

12. Jauhkan kucing liar

Jika ingin mengusir kucing yang berkeliaran di kebun, Anda bisa mengusirnya menggunakan teh celup. Aroma teh yang kuat cenderung menjauhkan kucing, dan itu juga tanpa efek berbahaya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/13/082000876/12-manfaat-teh-celup-untuk-tanaman-usir-hama-hingga-jadi-pupuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke