Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Anjing Bertubuh Besar yang Hatinya Lembut, Doberman hingga Akita

JAKARTA, KOMPAS.com - Ras anjing bertubuh besar memang menakjubkan. Selain ukuran tubuh dan penampilan yang mengagumkan, anjing-anjing ini juga memiliki sejarah yang tidak kalah menarik.

Dikutip dari Daily Paws, Rabu (10/8/2022), Jerry Klein, kepala petugas dokter hewan untuk American Kennel Club (AKC) mengatakan, ras anjing bertubuh besar juga memiliki karakteristik kepribadian yang berbeda, tergantung pada tujuan awalnya mereka dibiakkan.

"Pemilik potensial dari anjing mana pun harus mendidik diri mereka sendiri untuk memastikan kepribadian anjing yang mereka pertimbangkan cocok sebaik mungkin dengan harapan, gaya hidup, dan kebutuhan keluarga mereka," kata Klein.

Ada beberapa ras anjing bertubuh besar yang memiliki hati lembut. Anjing-anjing ini sangat penyayang dan senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya.

1. Mastiff

Mastiff, juga disebut sebagai English Mastiff, adalah keturunan Molossus, anjing perang dari Yunani kuno. Pada mural yang berasal dari tahun 2500 SM menunjukkan mereka bergumul dengan singa dan gladiator.

Akan tetapi, saat ini, anjing yang berfokus pada keluarga ini adalah pecinta, bukan pejuang. Teman sejati yang baik hati, mereka mungkin mengalami kecemasan jika jauh dari Anda terlalu lama.

2. Bullmastiff

Bullmastiff adalah anjing persilangan English Mastiff dan bulldog. Menurut Klein, pelatihan yang konsisten untuk ras anjing besar menghasilkan anjing terbaik.

Menyukai jalan-jalan santai yang panjang, bullmastiff pernah disebut "anjing malam penjaga hewan" karena kemampuan mereka untuk menjelajahi pedesaan Inggris yang luas untuk mencari pemburu.

3. Neapolitan Mastiff

Jika Anda penggemar Harry Potter, Anda tahu ini adalah ras anjing favorit Hagrid. Anjing berwajah keriput ini adalah sahabat setia bagi anak-anak yang lebih besar.


Akan tetapi, hati-hati, sebab air liur adalah bahasa cinta mereka.

4. Great Dane

Great Dane secara konsisten menempati peringkat 20 teratas dari ras anjing paling populer di Amerika Serikat.

Dibiakkan sebagai anjing pendamping sejak tahun 1600-an, jenis anjing asal Jerman ini adalah sahabat keluarga yang baik hati yang mempelajari keterampilan sosialisasi dan bermain baik dengan semua orang.

5. Great Pyrenees

Anjing ini siap menerima keterampilan dan orang baru dalam kehidupan mereka. Awalnya, anjing putih ini mampu melakukan perjalanan pegunungan liar antara Prancis dan Spanyol.

Tenang, sejuk, dan tenang adalah ciri khas anjing ini.

6. Newfoundland

Newfoundland yang santai bukan hanya perenang terkenal, tetapi juga pesaing teratas dalam kategori "teman bermain untuk anak-anak" terbaik.

Sejarawan ras anjing menyatakan bahwa mereka adalah salah satu dari sedikit anjing asli Amerika Utara. Suku Algonquin dan Sioux Kanada memilikinya, seperti yang dilakukan penjelajah hutan belantara Amerika Lewis dan Clark pada awal 1800-an.

7. Leonberger

Anjing yang penuh kasih dan sensitif ini luar biasa dalam penelusuran dan penyelamatan, Anda dapat membuat mereka tetap aktif dan berinteraksi dengan pelatihan aroma secara rutin.

8. Alaskan Malamute

Anjing yang penuh kasih sayang ini mengharapkan aktivitas berat. Anda perlu sering mengajak Alaskan Malamute untuk melakukan aktivitas untuk membuatnya senang.

9. Akita

Anjing Akita yang cerdas menyimpan sisi menyenangkan dan lembutnya untuk keluarganya, dan mungkin juga lebih suka menjadi satu-satunya hewan peliharaan. Sebagai salah satu dari enam ras anjing Jepang, Akita adalah simbol keberuntungan dan kesehatan.

Dulunya adalah anjing pemburu yang tangguh, dia sekarang senang berjalan kaki dengan cepat, lalu menetap di sudut yang nyaman dan tenang untuk mengawasi pemiliknya.

10. Doberman Pinscher

Hanya karena Doberman Pinscher yang atletis cukup cerdas untuk dilatih sebagai pelindung yang sangat dikenal dan sebagai anjing pelacak, tidak berarti hanya itu yang mampu dia lakukan.

Anjing asal Jerman ini juga dihargai karena selalu setia kepada pemiliknya dan bahkan sedikit cemas ketika jauh dari mereka untuk waktu yang lama.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/10/085400876/10-anjing-bertubuh-besar-yang-hatinya-lembut-doberman-hingga-akita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke