Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Sederhana Mengurangi Sampah Plastik di Rumah

Oleh karena itu, penggunaan segala macam benda yang terbuat dari plastik terus dikurangi untuk meminimalisir kerusakan lingkungan hingga bahaya kesehatan.

Agar bisa membantu mengurangi sampah plastik, itu dapat dilakukan mulai dari rumahmu sendiri.

Dilansir dari Pink Villa, Selasa (5/7/2022), berikut ini empat cara sederhana untuk mengurangi sampah plastik di rumah.

Sisir plastik terbuat dari bahan bakar fosil dan sulit didaur ulang. Selain itu, mereka tidak baik untuk kesehatan rambut dan membuat rambut statis, mengeriting, dan kusut.

Beralih ke sisir kayu tidak hanya menyelamatkanmu dari kontribusi terhadap sampah plastik, tetapi juga menambah kesehatan rambutmu dan mengurangi statis saat menyisir.

Apakah kamu punya alasan untuk tidak memilih sisir kayu?

Ganti sikat gigi plastik itu

Ada sekitar satu miliar sikat gigi plastik dibuang setiap tahun. Untuk kebersihan pribadi yang baik dan gaya hidup yang berkelanjutan, sangat penting untuk membawa alternatif ramah lingkungan yang lebih baik.


Sikat gigi bambu efektif dan dapat dibuat kompos yang sangat bagus untuk kesehatan mulut dan lingkunganmu.

Sebelum membelinya, perhatikan bulu sikat pada sikat gigi bambu karena beberapa masih menggunakan plastik. Selalu pilih bulu yang terbuat dari serat alami.

Benda tajam seperti pisau cukur tidak dapat didaur ulang karena diformulasikan dari bahan campuran.

Pisau cukur sekali pakai pergi ke tempat pembuangan sampah sangat sering dan sekitar dua miliar pon pisau cukur sekali pakai berkontribusi pada sampah plastik setiap tahun.

Selalu pilih alternatif yang berkelanjutan seperti pisau cukur logam, kuningan, dan bambu untuk meminimalkan limbah plastik.

Pertimbangkan kembali deodoranmu

Wadah deodoran menyimpan senyawa serupa seperti barang plastik lainnya. Kadang-kadang, mereka diformulasikan dengan lebih dari satu jenis plastik sehingga tidak dapat didaur ulang.

Pastikan kamu selalu berinvestasi dalam deodoran yang tersedia dalam kemasan yang dapat terurai secara hayati, dapat dibuat kompos, atau dapat didaur ulang.

Juga, periksa komposisi dan baca label dengan benar untuk memastikan bahwa kamu membeli deodoran yang sebenarnya bebas plastik.

Deodoran bebas plastik sering kali tersedia dalam bentuk stik kardus, stoples kaca, atau batangan deodoran.


Perubahan besar datang dari langkah kecil. Mulailah memulai perubahan kecil di rumahmu untuk mengurangi limbah yang terbuat dari plastik dan untuk melindungi planet dan kesejahteraanmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/05/132900976/4-cara-sederhana-mengurangi-sampah-plastik-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke