Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tempat Tidur di Sebelah Pintu Tidak Baik Menurut Feng Shui?

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi kuno Tiongkok yang melihat aliran qi atau energi kehidupan di ruangan di rumah untuk meningkatkan kesejahteraan penghuninya. Adapun kamar tidur adalah ruangan penting yang perlu diperhatikan energinya.

Di kamar tidur, tempat tidur adalah furnitur terpenting. Karena Anda menghabiskan sebagian besar waktu di tempat tidur daripada di tempat lain di rumah, sangat penting untuk menempatkan tempat tidur mengikuti pedoman feng shui.

Dikutip dari The Spruce, Selasa (5/7/2022), saat tidur, Anda berada dalam kondisi pasif. Selain itu, saat tidur pun kita lebih terbuka terhadap energi di sekitar Anda.

Alasan lain mengapa posisi feng shui tempat tidur sangat berpengaruh adalah karena itu adalah tempat pribadi di rumah. Inilah sebabnya mengapa dalam feng shui, tempat tidur paling mewakili dan paling dalam memengaruhi Anda.

Posisi peti mati

Sebagian besar aliran feng shui setuju bahwa tempat tidur tidak boleh sejajar dengan pintu jika memungkinkan. Aliran feng shui klasik memiliki sesuatu yang disebut "posisi peti mati."

Ini menjelaskan satu cara di mana tempat tidur bisa sejajar dengan pintu.

Bagaimana Anda tahu Anda berada di posisi peti mati? Saat berbaring di tempat tidur, kaki Anda mengarah ke pintu.

Posisi perintah

Ketika tempat tidur sejajar dengan pintu, itu juga keluar dari "posisi perintah." Idealnya tempat tidur berada dalam posisi perintah, yang berarti bahwa Anda mengendalikan hidup Anda.

Ini menempatkan Anda pada posisi terbaik untuk menerima energi positif, meningkatkan kesuksesan Anda di dunia. Untuk berada dalam posisi perintah, pastikan ketika Anda berada di tempat tidur, Anda dapat melihat pintu.

Aliran qi

Alasan lain mengapa tempat tidur tidak boleh sejajar dengan pintu adalah karena ketika tempat tidur berada di posisi ini, qi masuk melalui pintu dan langsung ke tempat tidur.

Tempat tidur sejajar dengan pintu jika Anda berjalan lurus melalui pintu kamar tidur dan terus berjalan dalam garis lurus, Anda berlari ke tempat tidur. Ini persis bagaimana qi mengalir langsung ke tempat tidur.

Tips feng shui untuk mengatasi kondisi tempat tidur sejajar pintu

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi tempat tidur yang sejajar dengan pintu untuk memastikan energi positif masuk ke kamar tidur Anda, antara lain sebagai berikut.

1. Pindahkan tempat tidur

Pilihan pertama dan terbaik adalah memindahkan tempat tidur. Bila memungkinkan, cara paling ideal untuk memperbaiki tempat tidur yang sejajar dengan pintu adalah dengan memindahkan tempat tidur.

2. Gantung bola kristal feng shui

Cara lain untuk menyesuaikan tempat tidur yang sejajar dengan pintu adalah dengan menggantung bola kristal feng shui. Jika Anda menggunakan metode ini, pastikan untuk membeli bola kristal feng shui baru dan gantung dengan tali merah.

Bola kristal persegi akan membelokkan dan menyebarkan qi yang masuk melalui pintu sehingga tidak terburu-buru ke arah Anda di tempat tidur.

Gantung bola kristal baru dari langit-langit di tengah antara tempat tidur dan pintu. Panjangnya harus sejajar dengan bagian atas kusen pintu.

Selain itu, pastikan pintu tidak mengenai bola kristal.

3. Gunakan furnitur

Jika kamar tidur Anda cukup besar, Anda dapat menempatkan furnitur, seperti tirai atau rak buku yang berdiri sendiri, di antara tempat tidur dan pintu. Ini juga akan membelokkan dan membubarkan qi yang masuk melalui pintu.


Jika Anda menggunakan opsi ini, pastikan ruangan masih luas dan tidak sempit. Harus ada banyak ruang untuk masuk dan keluar dari tempat tidur dan masuk dan keluar melalui pintu.

Pada dasarnya, jangan gunakan cara ini jika furnitur menjadi penghalang pintu atau tempat tidur. Sebagai gantinya gunakan opsi bola kristal feng shui.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/05/082100776/tempat-tidur-di-sebelah-pintu-tidak-baik-menurut-feng-shui-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke