Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Memiliki dan Merawat Tanaman di Rumah, Apa Saja?

Hal ini tak lain karena memiliki tanaman hias di rumah memberikan sejumlah manfaat. Selain mempercantik hunian, tanaman hias juga bermanfaat untuk tubuh, pikiran, jiwa, dan lingkungan. 

Dilansir dari Moving, Senin (4/7/2022), berikut sejumlah manfaat memiliki tanaman hias di rumah yang perlu diketahui. 

Menurut penelitian dari National Aeronautics and Space Administration (NASA)—lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa—tanaman cukup efektif menghilangkan racun di udara, bahkan beberapa tanaman memiliki kemampuan menghilangkan hingga 87 persen racun di udara hanya dalam waktu 24 jam.

Tanaman tidak dapat menggantikan filter udara bersih di rumah, tetapi dapat membantu memastikan udara yang Anda hirup sebersih mungkin. 

Meningkatkan suasana hati

Salah satu manfaat tanaman adalah kemampuannya memberikan efek menenangkan pada suasana hati.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa interaksi aktif dengan tanaman dalam ruangan—seperti menyentuh dan menciumnya—benar-benar dapat menurunkan tekanan darah serta aktivitas sistem saraf simpatik.

Dalam arti, hal tersebut membuat kita merasa lebih tenang dan rileks. 

Selama waktu itu, mereka mengambil istirahat tiga menit ketika merasakan tanda-tanda stres dan berinteraksi dengan tanamannya.

Sekitar 27 persen dari peserta tersebut juga mengalami penurunan denyut nadi yang signifikan, yang merupakan tanda kuantitatif pengurangan stres. 

Membantu fokus

Jika bekerja dari rumah, tanaman bisa menjadi rekan kerja terbaik. Menjaga tanaman hias dan bunga di sekitar ruang kerja telah terbukti menawarkan peningkatan substansial dalam konsentrasi dan kreativitas, bahkan meningkatkan retensi memori.

Dalam sebuah penelitian dari University of Exeter, Inggris, 47 persen responden melaporkan bahwa tanaman membantu konsentrasi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kesejahteraan mereka di tempat kerja. 

Ini sangat bagus saat musim dingin dan flu karena tingkat kelembapan yang rendah dapat menyebarkan partikel virus.

Karena itu, tanaman dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu tubuh tetap sehat. Letakkan tanaman hias di ruangan yang paling sering digunakan seperti ruang kelaurga dan kamar tidur. 

Menawarkan bantuan alergi

Penderita alergi mungkin perlu berhati-hati mengisi rumah dengan bunga penghasil serbuk sari, tetapi semakin banyak tanaman hijau, semakin baik. 

Hal itu karena ruangan yang diisi tanaman daun memiliki lebih sedikit debu dan jamur daripada yang tidak. Daun tanaman bertindak sebagai filter alami untuk menangkap partikel udara dan alergen yang mungkin mengambang di sekitarnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/04/220500976/6-manfaat-memiliki-dan-merawat-tanaman-di-rumah-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke