Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Membuat Ruang Tamu Terlihat Lebih Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain sebuah ruangan di rumah dapat memberikan nuansa yang berbeda, salah satunya pada ruang tamu yang memiliki banyak fungsi di dalam rumah.

Agar ruang tamu tampak mewah, Anda dapat mengikuti beberapa aturan desain sederhana tanpa harus melakukan banyak perombakan.

Dilansir Southern Living, Selasa (28/6/2022), biasanya, untuk memberikan kesan mewah pada tampilan ruang tamu, pemilihan sofa menjadi titik fokus utamanya, namun sebenarnya Anda hanya perlu menjauhkan sofa jenis apa pun itu dari dinding. 

Menurut Leslie Murphy, pemilik dan direktur kreatif Murphy Maude Interiors di Memphis, AS, mendorong semua furnitur ke sekeliling ruang tamu dapat menciptakan ruang yang aneh dan kurang dimanfaatkan tepat di tengah tata letak ruangan.

"Menjauhkan sofa Anda dari dinding tidak hanya memungkinkan aliran ruangan dan percakapan yang lebih baik, namun dapat memberikan penambahan kursi santai, meja kopi, dan barang pelengkap lainnya dapat dibawa untuk didistribusikan secara merata di dalam ruangan untuk mencapai keseimbangan," jelas Murphy.

Selain memamerkan sofa, desainer yang berbasis di South Carolina, AS Betsy Berry, percaya bahwa trik desain ini dapat memberi Anda lebih banyak ruang untuk membuat sketsa tempat duduk yang lebih kecil.

"Sejauh yang kami ketahui, memiliki banyak area untuk bersantai tentu memberikan kesan mewah," ungkap Berry. 

2. Memberikan jarak pada sekitar sofa di ruangan

"Ruang di sekitar sofa memungkinkan untuk ruang berjalan tambahan dan bahkan dapat bertindak sebagai pembatas ruangan tergantung bagaimana ruangan itu digunakan," ucap Murphy.

Sementara itu, Bo Massey dari Bohlert Massey Interiors di Rosemary Beach, Florida, AS mengatakan penting untuk memerhatikan ukuran ruang tamu.

"Saya tidak akan merekomendasikan melakukan ini di ruang sempit atau mungkin memiliki efek sebaliknya yang Anda harapkan. Sangat penting untuk fokus pada tata letak furnitur apa yang paling cocok untuk aliran ruangan, dan harus ada cukup ruang untuk berjalan," tutur Massey.

Saat membeli sofa atau bagian yang proporsional dengan ruangan dapat membantu mengurangi kesalahan desain, Murphy merekomendasikan untuk meninggalkan sekitar 60 cm ruang berjalan di belakang sofa. 

Tetapi, saat Anda telah memutuskan untuk mendorong sofa ke tengah ruang tamu merupakan langkah yang tepat untuk Anda, sisanya relatif mudah.

"Posisikan sofa di tengah ruangan menghadap meja kopi, dengan dua kursi di sisi yang berlawanan," saran Berry.

Selain itu, Berry merekomendasikan untuk menggandakan detail kecil seperti  panel kain di sepanjang bagian belakang sofa.

"Hanya dengan beberapa tambahan sederhana, ini langsung menarik perhatian ke sofa di dalam ruangan tersebut," jelasnya.

Dengan mendorong sofa ke tengah ruangan, Anda dapat melihat detail ini dari semua sudut.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/28/144000276/trik-membuat-ruang-tamu-terlihat-lebih-mewah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke