Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Merenovasi Rumah Tua

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang yang masih tinggal di rumah tua terkadang memutuskan untuk merenovasi hunian guna mengubah seluruh atau sebagian tampilannya menjadi lebih modern.

Sebab, seiring berjalannya waktu, model rumah tua semakin kurang disukai oleh sebagian masyarakat karena terkesan kuno atau rapuh, terutama rumah yang kurang terawat.

Merenovasi rumah tua memang bisa saja dilakukan, tetapi didasarkan pada sejumlah pertimbangan agar kamu tidak menyesal dan merasa rugi.

Nah, dikutip dari My Decorative, Selasa (28/6/2022), ada tiga hal yang perlu kamu ketahui sebelum merenovasi rumah tua. Apa saja?

Mengubah tampilan eksterior dan interior bangunan memang menjadi tujuan dari merenovasi rumah tua.

Namun, ada beberapa alasan lain mengapa seseorang perlu merenovasi rumah yang mungkin belum terpikirkan olehmu sebelumnya.

  • Persiapan untuk dijual

Saat kamu berencana untuk menjual sebuah rumah, kamu perlu merenovasinya untuk meningkatkan nilai jual properti.

Dalam hal ini, kamu harus mempertimbangkan dan memperkirakan apa saja yang perlu direnovasi sesuai dengan keinginan calon pembeli, bukan yang kamu inginkan.

  • Meningkatkan tampilan rumah

Tujuan lain dari merenovasi rumah adalah karena kamu sudah bosan dengan tampilannya saat ini dan membutuhkan suatu perubahan.

Alasan ini bisa menjadi permulaan untuk merenovasi rumah. Sebuah hunian tua bisa terlihat kurang menarik seiring waktu.


Kendati demikian, kamu perlu mempertimbangkan bahwa dalam rumah kuno, usia bangunan bisa menjadi faktor besar dalam meningkatkan harga jualnya.

  • Efisiensi hunian

Memiliki rumah yang memberi efisiensi tentu dapat memudahkan kehidupan sehari-hari. Ini menjadi salah satu tujuan dan alasan seseorang merenovasi rumah tua.

Kamu bisa menghadirkan beberapa utilitas dan fitur tambahan untuk membuat hunian menjadi lebih mudah ditinggali, misalnya penambahan teknologi atau sesuatu yang membuat rumah menjadi hemat energi.

  • Meningkatkan fungsi rumah

Beberapa orang memutuskan untuk merenovasi rumah karena mereka membutuhkan ruang tambahan, misalnya kamar tidur ekstra.

Kamu bisa merenovasi rumah tua jika menginginkan sesuatu yang telah direncanakan untuk mengakomodasi kebutuhan.

  • Memperbaiki masalah keamanan

Tujuan lain dari merenovasi rumah tua adalah memperbaiki masalah keamanan, entah itu permasalahan listrik, atap bocor, atau dinding yang sudah retak.

Jika tidak segera diperbaiki, tentunya rumah tua dapat membahayakan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Tidak hanya itu, tujuan ini juga dapat meningkatkan nilai jual rumah, serta kenyamanan dan keamanan.

2. Ketahui waktu yang tepat

Hal apa pun yang berkaitan dengan rumah memerlukan pertimbangan dan perencanaan yang tepat. Jika tidak, kamu dapat mengeluarkan anggaran yang berlebihan.

Salah satu yang termasuk dalam perencanaan adalah waktu pelaksanaan. Dengan mengetahui waktu yang tepat untuk merenovasi rumah, mereka dapat dijadikan sebagai patokan agar perencanaan bisa menjadi lebih matang.

Misalnya ketika cat dinding mulai mengelupas, atau ada permasalahan pada saluran pembuangan dan atap yang bocor.


Tentunya, hal-hal tersebut dapat memengaruhi tampilan dan keamanan rumah yang membuat anggota keluarga merasa kurang nyaman. Jadi, renovasi dibutuhkan.

Kemudian saat rumah terkena serangan hama dan serangga, lantai dan dinding mulai aus, atau kamu benar-benar sudah membutuhkan lebih banyak ruang, meningkatkan tampilan rumah, atau menjualnya.

3. Lakukan perencanaan

Setelah menentukan tujuan dan mengetahui waktu yang tepat, kini saatnya melakukan perencanaan terkait renovasi rumah tua.

Hal pertama yang wajib dicatat adalah seberapa banyak uang yang bersedia kamu keluarkan demi merenovasi rumah tua.

Kemudian, apakah kamu ingin mengubah gaya desain rumah atau tidak. Jika iya, sebaiknya gaya desain yang dipilih tidak terlalu jauh dari yang asli agar hunian tidak memiliki banyak distorsi.

Perhatikan pula cuaca dalam setahun. Merenovasi bagian dalam rumah tua memang bisa dilakukan kapan saja, tetapi proyek luar ruangan cenderung dilakukan saat cuaca sedang cerah.

Selanjutnya, apakah renovasi yang hendak dikerjakan membutuhkan bantuan profesional atau tidak. Namun, ini berdasarkan tingkat kesulitan tugas.

Jika proyek yang ingin dilakukan cenderung mudah dan kamu bisa mengerjakannya, bantuan profesional tidak terlalu diperlukan.

Hal tersebut beda halnya dengan proyek renovasi sulit yang hanya bisa dikerjakan oleh mereka yang berpengalaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/28/094731776/3-hal-penting-yang-wajib-diketahui-sebelum-merenovasi-rumah-tua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke