Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Menjaga Pisau Tetap Tajam dan Tahan Lama

Perawatan dan pemeliharaan yang tepat bisa menjaga pisau tetap tajam hingga satu tahun. Namun, menggunakan permukaan pemotongan yang salah, bahkan mengiris sepotong buah di atas piring keramik, bisa membuat pisau tumpul.

Dilansir dari Wirecutter, Senin (27/6/2022), berikut cara menjaga pisau tetap tajam dan tahan lama. 

Menurut penulis staf senior Wirecutter, Lesley Stockton, retensi tepi yang baik sebagian bergantung pada komposisi dan kekerasan baja. 

Kekerasan baja menentukan kekuatan material dan ketahanan pisau terhadap deformasi atau perubahan bentuk, pembengkokan, goresan, dan abrasi atau pengikisan.  

Pisau baja yang layak harus terdaftar antara 55 HRC dan 64 HRC. Pada skala lebih tinggi, baja lebih keras sehingga dapat menahan tepi lebih baik.

Namun, material baja yang lebih keras juga lebih rapuh. Di ujung bawah, baja lebih mudah dibentuk sehingga lebih mudah tumpul, tetapi juga kecil kemungkinannya untuk pecah.

Penting diingat, bahan apa pun yang lebih keras dari baja pisau akan membuat pisau tumpul saat bersentuhan.

Karena itu, hindari menggunakan pisau pada permukaan yang terbuat dari kaca, granit, marmer, atau keramik.

Bahan-bahan ini jauh lebih keras daripada baja dan akan melemahkan ujung pisau. Sebagai ganting, gunakan talenan kayu atau plastik demi menjaga pisau dalam kondisi baik. 

Selain itu, hindari menyimpan pisau yang tidak terlindungi di dalam laci. Ini bisa membuat pisau cepat tumpul karena bergesekan pada permukaan keras lainnya.

Tempelkan pisau ke strip magnet yang dipasang pada dinding agar ujungnya tetap tajam atau gunakan pelindung pisau jika ingin menyimpannya pada laci. 

Asah pisau sebelum digunakan

Menggunakan batang asah bisa membuat pisau tajam lebih lama. Namun, Lesley mengatakan batang asah tidak benar-benar menajamkan bilah pisau, tetapi menyejajarkan kembali gigi mikroskopis pada tepi yang bengkok dan tersingkir selama penggunaan. 

Sebaiknya, gunakan batang keramik daripada baja. Sebab, batang baja terkadang bisa lebih lunak dari pisau sehingga sama sekali tidak efektif.

Di sisi lain, batang keramik 10 kali lebih keras dari baja dan dapat menajamkan kembali ujung pisau. 

Kapan perlu mengasah pisau?

Pisau tumpul bisa menghambat pekerjaan di dapur. Waktu persiapan memakan waktu lebih lama karena kurang dapat mengontrol bagian tepi yang tumpul dan kesulitan mengiris bahan yang lunak seperti tomat dan mentimun.

Bahkan pisau yang tumpul meningkatkan risiko jari teriris. Untuk itu, pastika pisau selalu tajam dengan mengasahnya setiap enam hingga 12 bulan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/27/163400876/3-cara-menjaga-pisau-tetap-tajam-dan-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke