Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Rekomendasi Warna Terbaik untuk Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Praktik feng shui sangat efektif diterapkan ke rumah karena rumah mewakili diri Anda. Ketika tinggal di rumah yang mendukung, Anda secara alami dapat berkembang pada bidang lain dalam hidup. 

Dilansir dari The Spruce, Minggu (26/6/2022), dalam feng shui, setiap ruangan memiliki arti dan asosiasi berbeda yang didasarkan pada kegunaan duniawi, lokasi, dan hubungan energiknya dengan aspek-aspek tertentu dari kehidupan. 

Misalnya, ruang tamu adalah ruangan tempat Anda tinggal. Di rumah modern, ruang tamu cenderung berfungsi sebagai tempat untuk terhubung dengan anggota keluarga serta area menyambut tamu.

Penggunaan praktis ini banyak kaitannya dengan makna ruang tamu dalam feng shui. Dalam perspektif feng shui, ruang tamu benar-benar mewakili tempat berkumpul.  

Warna adalah bentuk cahaya serta warna yang berbeda memiliki getaran dan asosiasi berbeda. Feng shui sering menggunakan teori warna menggunakan lima elemen untuk memberikan wawasan tentang warna terbaik untuk orang dan situasi tertentu.

Sistem lima elemen yang digunakan dalam feng shui berasal dari Taoisme. Lima elemen tersebut adalah tanah, logam, air, kayu, dan api. Masing-masing elemen terhubung ke jenis energi serta warna tertentu. 

Ketika memiliki aspirasi untuk meningkatkan feng shui ruang tamu, Anda dapat memikirkan warna apa yang dapat mewujudkan energi tertentu, yang ingin dikembangkan dalam hidup berdasarkan hubungannya dengan lima elemen.

Selain itu, mengetahui warna mana yang membuat Anda merasa nyaman dan cenderung disukai. Misalnya, ada beberapa warna yang tidak disukai atau warna yang memunculkan kenangan negatif. 

Ada banyak cara menghadirkan warna ke rumah, di antaranya mengecat dinding atau furnitur serta menambahkan warna dengan cara lebih kecil seperti karya seni, vas, bantal aksen, atau item dekorasi lainnya. 

  • Warna elemen bumi 

Bumi terhubung dengan warna coklat, kuning, dan warna tanah yang hangat. Warna-warna ini bisa sangat mendukung untuk ruang tamu.

Bumi membantu membumikan, menstabilkan, dan memberikan kenyamanan, yang semuanya merupakan atribut positif untuk ruang hidup.

Membawa lebih banyak elemen tanah ke rumah juga membantu Anda lebih terhubung dengan bumi. 

  • Warna elemen logam 

Logam diwakili warna putih, metalik, putih pudar, dan abu-abu. Ini adalah warna bagus untuk dibawa ke ruang tamu karena dapat melengkapi banyak warna lainnya.

Pada tingkat praktis, warna elemen logam membantu memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan.

Secara energik, elemen logam membawa lebih banyak kegembiraan dalam hidup dan mendukung setiap anak dalam keluarga Anda. 

Jika ingin lebih terhubung dengan komunitas, Anda dapat menambahkan aksen hitam atau arang gelap untuk mengundang lebih banyak kualitas elemen air.  

  • Warna elemen kayu 

Elemen kayu terhubung dengan warna hijau, biru, dan teal. Warna-warna ini terkait dengan kualitas pertumbuhan, vitalitas, serta penyembuhan.

Jika keluarga atau ruang tamu dapat menggunakan lebih banyak energi penyembuhan atau semangat, coba menambahkan warna elemen kayu. 

  • Warna elemen api 

Elemen api diwakili oleh merah, merah muda, dan oranye yang sangat berapi-api. Ini terkait dengan energi matahari yang sangat kuat, cerah, serta bersemangat.

Api juga terhubung dengan inspirasi dan bagaimana Anda terlihat di dunia. Jika ingin lebih terlihat di komunitas, Anda bisa menambahkan aksen merah menyala. Namun, merah adalah warna yang kuat, jadi gunakan sedikit atau jauh.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/26/131900976/5-rekomendasi-warna-terbaik-untuk-ruang-tamu-menurut-feng-shui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke