Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hamster Peliharaan Bersin? Ketahui 4 Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika kucing peliharaan bersih, ada berbagai penyebab di baliknya, salah satunya adalah karena mereka pilek.

Anjing pun bisa bersih karena berbagai macam hal termasuk alergi atau iritasi. Namun, ada jenis hewan peliharaan lain yang juga bisa bersin, yakni hamster.

Disadur dari The Spruce Pets, Sabtu (25/6/2022), terdapat berbagai alasan mengapa hamster bisa bersin, salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan.

Bahkan, bersin pada hamster juga bisa terjadi karena mereka alergi. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya.

Hamster memang tidak terkena flu atau pilek seperti manusia, tetapi bisa terkena infeksi saluran pernapasan.

Infeksi saluran pernapasan atas dapat menyebabkan gejala yang mencakup mata berair, mata berkerak yang dapat menutup, lesu, nafsu makan berkurang, hidung tersumbat, dan bersin.

Infeksi dapat berubah menjadi sesuatu yang lebih besar seperti pneumonia. Namun, umumnya mereka mudah disembuhkan jika segera diobati.

Bakteri dari lingkungan atau makanan, atau hamster lain, bisa menjadi penyebab infeksi saluran pernapasan yang membuat sahabat bulu bersin.

2. Punya alergi

Jika kamu memiliki alergi, hamster juga bisa memilikinya. Meski tidak melakukan pengujian alergi pada hamster, kamu bisa mengobati gejalanya, dan menekan pelepasan histamin menggunakan antihistamin.


Kamu juga bisa menghilangkan kemungkinan sumbe alergen. Beberapa hamster mungkin alergi terhadap jenis aroma tertentu, misalnya pelembut kain yang digunakan untuk mencuci selimut atau handuk mereka.

Bisa pula hamster alergi terhadap alas tidur di kandangnya, dan yang lain mungkin menemukan sesuatu di makanan atau camilannya yang membuatnya bersin.

Bahkan, lingkungan berdebu yang membawa tungau debu mikroskopis juga bisa membuat hamster alergi.

Kamu bisa coba mengganti makanan, mencuci tempat tidur tanpa pewangi, dan menggunakan filter HEPA di kandangnya untuk menghilangkan alergen penyebab hamster bersin.

Apabila gejalanya menjadi lebih buruk pada musim kering, coba gunakan humidifier atau mengunjungi dokter hewan.

3. Iritasi pernapasan

Terkadang, aroma yang dikeluarkan oleh hal-hal di lingkungan hamster bisa membuat mereka bersin. Penyebab iritasi pernapasan bisa mencakup parfum, serbuk pinus dan cedar, lilin aroma, diffuser listrik, dan penyemprot beraroma.

Bahkan, beberapa produk pembersih seperti bubuk penghilang bau karpet pun bisa mengiritasi saluran pernapasan hamster yang kecil dan sensitif.

Jika menggunakan satu atau beberapa hal tesebut, sebaiknya hindari menggunakannya di sekitar hamster atau pindahkan kandangnya.

Bagi yang menggunakan serbuk pinus sebagai alas tidur hamster, pertimbangkan untuk menggantinya dengan handuk.

4. Penyakit dalam

Meski memiliki kemungkinan yang kecil, hamster peliharaan bisa memiliki alasan yang jauh lebih serius perihal bersinnya. Bisa saja, mereka memiliki tumor di kepala dan hidung.

Namun, hal ini biasanya tidak terdiagnosis lantaran sebagian besar pemilik hamster enggan memindai hamster dengan metode magnetic resonance imaging (MRI) atau computed axial tomography (CAT).


Apabila kamu melihat hamster mengeluarkan ingus yang berdarah, ini bisa menjadi indikator penyakit serius yang membuat mereka bersin.

Jika hamster bertingkah tidak normal dengan cara apa pun, terlihat lesu, makan lebih sedikit, tidak minum, atau tidur hampir sepanjang waktu, segera konsultasi dengan dokter hewan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/25/102500076/hamster-peliharaan-bersin-ketahui-4-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke