Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

#PakeSampaiHabis, Solusi Nyata Kurangi Sampah Produk Skincare di Rumah

Selain itu, hal ini juga membentuk kebiasaan mengonsumsi berlebihan atau over konsumtif pada masyarakat. 

Menurut data penelitian Kantar pada 2021, pertumbuhan segmen kecantikan dan perawatan pribadi pada masa new normal mengalami peningkatan sebesar tiga persen. 

Namun, pertumbuhan ini tidak dibarengi kesadaran pelaku industri maupun konsumen. Sampah-sampah kemasan produk kecantikan kerap menumpuk dan berakhir begitu saja di tempat pembuangan akhir (TPA) tanpa melewati proses penguraian tepat sehingga menunggu terurai puluhan tahun. 

Tak hanya itu, penumpukan sampah produk skincare juga terjadi di rumah. Hal ini tak lain karena kebiasaan konsumsi berlebihan seperti mudah membeli dan gonta-ganti produk kecantikan hanya karena mengikuti tren atau diskon. 

Dari situ, Lyfe With Less menginisiasi kampanye #PakaiSampaiHabis untuk mengajak masyarakat Indonesia bertangggung jawab dengan konsumsi produk kecantikannya.

Kampanye #PakaiSampaiHabis mengajak masyarakat mengumpulkan botol kosong produk kosmetik atau empties dan mengirimkannya untuk didaur ulang. 

Cynthia S Lestari, founder Lyfe with Less, mengatakan #PakaiSampaiHabis adalah langkah kecil dan nyata yang bisa dilakukan semua pihak untuk menjaga lingkungan hidup.

Karena itu, Cynthia mengimbau kepada masyarakat menggunakan produk skincare mereka sampai betul-betul habis sebelum membeli baru.

"Hindari juga penggunaan skincare dengan teknik layering atau menggunakan banyak produk karena hanya akan menambah jumlah sampah. Dengan demikian, menghindari juga praktik konsumerisme," ucapnya dalam acara #PakaiSampaiHabis yang digelar secara virtual, Jumat (3/6/2022). 

Kampanye ini bersinergi dengan 15 brand produk kecantikan, 47 pelaku daur ulang di seluruh Indonesia, dan dua partner logistik untuk mengajak masyarakat Indonesia mengumpulkan empties serta mengirimkannya untuk didaur ulang.

Untuk terlibat dalam kampanye ini, kata Cynthia, cukup mudah. Pertama, pastikan produk betul-betul habis, lalu bersihkan terlebih dulu sebelum dikirim untuk didaur ulang. 

Setelah itu, daftar empties ke website Lyfe With Less, www.lyfewithless.com/pakaisampaihabis. Selanjutnya, mengecek e-mail berisi alamat kirim empties, kode voucer Antar Aja, dan prosedur gratis jemput empties dari e-Recycle. 

Kemudian kirim empties yang sudah bersih ke e-recycle center yang tertera. Jangan lupa menulis #EmptiesHero2022 pada paket yang dikirim. Nantinya paket akan diambil oleh partner logistis atau pengiriman. 

Pengiriman untuk wilayah Jakarta tidak akan dikenakan biaya. Anda cukup mengunduh aplikasi via e-Recycle. Namun, untuk wilayah di luar Jakarta akan mendapat diskon biaya pengiriman 30% menggunakan Anter Aja. 

Apabila empties yang dikirm bekerja sama dengan 15 brand partner, Anda akan memperoleh reward berupa potongan harga untuk pembelanjaan berikutnya. 

“Empties yang diterima dari kampanye #PakaiSampaiHabis akan didaur ulang dan diolah menjadi bahan baku industri daur ulang untuk jadi material produk baru lagi," tutup Michaella Karina, Corporate Relation Officer Bank Sampah Bersinar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/05/090600376/-pakesampaihabis-solusi-nyata-kurangi-sampah-produk-skincare-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke