Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menjaga Kolam Renang Tetap Bersih dan Jernih

Menikmati berenang di kolam renang yang berada di halaman belakang rumah atau taman adalah hal menyenangkan setelah menjalani hari yang melelahkan. 

Namun, mendapati air kolam renang yang kotor, keruh, dan bau tentu membuat tak menarik untuk berenang. Menjaga kolam renang tetap bersih serta airnya jernih membutuhkan pemeliharaan lebih daripada sekadar membuang beberapa bahan kimia ke dalam kolam.

Menyeimbangkan pH, menghilangkan kotoran dari permukaan, dan melakukan perawatan klorin hanyalah beberapa tugas yang perlu dilakukan pemilik kolam renang secara teratur.

Dikutip dari Bobvila, Minggu (29/5/2022), berikut cara menjaga kolam renang tetap bersih serta jernih sehingga Anda dapat bersantai atau bermain kapan saja. 

Daun jatuh, serangga mati, bahkan makhluk hidup sering ditemukan di kolam, tetapi relatif mudah dihilangkan dengan jaring skimmer bergagang panjang.

Dalam beberapa kasus, filter menyedot kotoran, yang berarti filter perlu dibuka untuk menghilangkan kotoran. Pastikan filter tidak beroperasi saat melakukan pembersihan kolam secara teratur. 

Sikat sisi kolam untuk menghilangkan ganggang dan endapan 

Meski ada upaya untuk menjaga pompa tetap berjalan cukup sering, buih, ganggang, dan sedimen akan menumpuk di tepi kolam vinil atau beton.

Di tepi atas kolam, gunakan sikat kolam untuk membersihkan endapan atau penumpukan bahan kimia yang mungkin terjadi.

Dengan gagang panjang menempel pada sikat, gosok dasar kolam dan bagian yang kotor atau berbusa. Pastikan menyelesaikan langkah ini sebelum melakukan pengujian atau perawatan kimia. 

Saat itulah, Anda perlu menggunakan vakum ata penyedot kolam. Ada penyedot debu manual yang mengeluarkan air dan kotoran dari kolam. Selain itu, ada penyedot debu robot secara otomatis membersihkan kolam.

Penyedot debu bekerja dengan sistem filtrasi untuk mengumpulkan kotoran ke dalam keranjang skimmer bawaan. Bila tidak ingin repot melakukannya, gunakan jasa dari perusahaan layanan kolam renang lokal. 

Uji air dan sesuaikan jumlah bahan kimia 

Setelah menyingkirkan puing-puing serta membersihkan dinding kolam dari buih dan sedimen, saatnya menguji keseimbangan pH dan kandungan kimia air.

Rentang pH ideal yang akan diuji oleh perusahaan layanan kolam renang antara 7,2 dan 7,6, alkalinitas antara 100 dan 150 ppm (bagian per juta), dan klorin bebas antara 1,0 dan 3,0 ppm.

Gunakan penyeimbang pH untuk menyesuaikan tingkat pH dan mempertahankan kisaran yang sesuai. Tambahkan pembersih atau perawatan klorin shock sesuai dengan rekomendasi pabrik pembuat kolam.

Di iklim panas dan lembab, menambahkan sedikit algacide setiap minggu dapat mencegah penumpukan. 

Lakukan ini setiap minggu untuk kolam dengan penggunaan tinggi. Jika filter pompa terlihat kotor, gunakan pembersih filter untuk menghilangkan kotoran atau menggantinya setiap satu atau dua tahun. 

Hubungi jasa profesional jika mengalami masalah 

Pemeliharaan kolam renang secara teratur adalah harga yang harus dibayar pemilik kolam untuk menikmati kesenangan dan manfaat yang ditawarkan kolam.

Menyingkirkan puing-puing dan buih adalah kunci mencegah sebagian besar masalah kontaminasi kolam utama. Pengujian mingguan dan pemeliharaan kolam secara teratur dapat membuat kolam renang terisi dengan air yang jernih. 

Namun, bila menemukan masalah saat membersihkan kolam renang, sebaiknya hubungi jasa pembersih profesional kolam renang untuk mengidentifikasi masalah kolam yang menyebabkan pertumbuhan alga yang berlebih atau pompa rusak. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/29/090300276/6-cara-menjaga-kolam-renang-tetap-bersih-dan-jernih-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke