Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Menata Letak Kamar Tidur agar Lebih Lapang dan Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu merasa tidurmu kurang nyenyak dan seringkali terbangun saat tidur? Bisa jadi ini dikarenakan posisi dan arah tempat tidur yang kurang sesuai di kamar tidur mu.

Gangguan-gangguan seperti suara pintu, suara keran kamar mandi dan udara dingin dari jendela kamar mungkin saja dapat mengganggu tidurmu.

Untuk menghindari coba perhatikan tata letak tempat tidurmu, tata letak yang tidak tepat mungkin saja mempengaruhi kualitas tidur mu.

Melansir dari kanal Youtube Glare Furniture, Sabtu (28/5/2022), seringkali kita mendengar cara menyusun tata letak kamar tidur menurut vastu ataupun feng shui.

Berikut ini merupakan tips menyusun letak tempat tidur yang nyaman dan ideal berdasarkan tata letak interior.

Pintu kamar sebaiknya terlihat dari tempat tidur

Secara naluri manusia tentunya ingin tidur dalam keadaan aman dan nyaman, untuk itu secara tidak langsung kita menginginkan jarak yang aman dari objek luar seperti pintu dan jendela.

Kita juga menginginkan visibilitas yang baik terhadap akses kamar sehingga dapat mengetahui siapa saja yang akan masuk dan keluar dari kamar.

Namun jika area kamar tidur tidak memungkinkan untuk tata letak ini, kamu bisa memanfaatkan cermin untuk melihat pantulan pintu dari cermin.

Hindari meletakkan tempat tidur di depan pintu masuk

Beberapa kepercayaan menganggap posisi ini sebagai posisi peti mati, tentunya kita tidak ingin hal seperti ini dikaitkan dengan kamar tidur kita.

Namun dalam hal estetika, saat membuka pintu tentunya hal pertama yang kita lihat adalah hal didepan pintu secara langsung.

Kamu tentu tidak ingin bukan ada yang melihat posisi tidurmu saat pintu kamar terbuka. Untuk itu kamu bisa meletakkan beberapa dekorasi atau meja rias di sana.

Hindari posisi tempat tidur sejajar dengan pintu masuk

Saat menata tempat tidur di dalam kamar, sebaiknya hindari meletakkan tempat tidur sejajar dengan pintu-pintu di dalam kamar seperti pintu kamar mandi ataupun pintu utama.

Menurut kenyamanan, tentunya tidur kita menjadi tidak nyenyak jika ada orang yang keluar masuk ruangan tersebut saat kita sedang tidur. Terutama jika suara pintu atau kunci cukup terdengar maka akan sangat mengganggu tidur kita.

Hindari posisi tempat tidur yang membelakangi jendela

Posisi tempat tidur membelakangi jendela tak hanya menciptakan rasa tidak nyaman, namun juga aliran udara dan perubahan suhu dari jendela dapat mempengaruhi kesehatanmu.

Sebaiknya posisikan jendela di samping kanan atau kiri tempat tidur dengan jarak tertentu. Selain itu kamu juga bisa menempatkan tempat tidur berhadapan dengan jendela sehingga kamu bisa menikmati pemandangan diluar jendela.

Namun jika kondisi ruangan memaksa kita untuk meletakkan tempat tidur yang membelakangi jendela, kamu bisa menggunakan gorden tebal pada bagian jendela.

Pastikan pula sela jendela tertutup rapat agar tidak ada rembesan air hujan atau serangga yang masuk.

Hindari posisi kepala tempat tidur di di dinding toilet

Dalam meletakkan kepala tempat tidur sebaiknya hindari posisi yang menempel dengan dinding toilet. Terutama jika dibalik dinding tersebut merupakan tempat dimana adanya pipa drainase kamar mandi.

Suara yang dihasilkan dari pipa kamar mandi ini dapat mengganggu kualitas tidurmu sehingga kamu akan sering terbangun. Selain itu resiko kebocoran juga dapat terjadi dan dapat membasahi kepala tempat tidur mu.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/28/213000276/5-tips-menata-letak-kamar-tidur-agar-lebih-lapang-dan-nyaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke