Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahayakah Tidur dengan Lampu Menyala?

JAKARTA, KOMPAS.com- Kebiasaan tidur dengan lampu menyala ternyata bisa berakibat buruk pada kualitas tidur. Sebab, paparan cahaya membuat otak enggan untuk tidur nyenyak.

Akibat dari kualitas tidur yang buruk tersebut bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Hal ini karena banyak aktivitas otak yang mendapatkan pengaruh negatif dari kurangnya kualitas tidur.

Melansir dari Healthline, Sabtu (28/5/2022) berikut ini efek samping dan manfaat yang mungkin akan kamu dapatkan jika tidur dengan lampu menyala.

Ada beberapa efek samping yang bisa kamu dapatkan jika tidur dengan lampu menyala selain kondisi yang memengaruhi otak secara negatif. Berikut ini beberapa efek samping tidur dengan lampu menyala.

Depresi

Paparan sinar, terutama sinar biru pada perangkat eletronik bisa membuat suasana hati yang buruk. Sementara tidur yang tak nyenyak bisa membuatmu murung dan sering marah-marah.

Kegemukan

Studi baru-baru ini menemukan jika banyak orang yang mengalami obesitas tidur dengan lampu yang menyala. Hal ini karena kualitas tidur yang buruk atau kurangnya waktu tidur akan membuatmu makan lebih banyak keesokan harinya.

Bisa menyebabkan kecelakaan

Kualitas tidur yang buruk akan membuatmu kurang waspada. Sehingga akan sangat berbahaya jika kamu mengemudi keesokan harinya. Bahkan orang yang lebih tua akan rentan untuk terjatuh.

Meningkatkan risiko penyakit kronis

Tidur yang tak nyenyak juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung.

Tidur dengan lampu menyala memiliki beberapa manfaat. Salah satunya jika kamu tidak ingin tidur lelap karena masih ada pekerjaan. Bisa tidur dengan lampu menyala agar bisa bangun beberapa jam kemudian.

Selain itu, tidur dengan lampu menyala bisa mengatasi ketakutan akan gelap bagi anak-anak yang mulai dilatih untuk tidur sendiri.

Namun, meski ada manfaatnya, efek samping tidur dengan lampu menyala masih sangat banyak dan memiliki risiko yang serius untuk kesehatan. Sehingga tak sebanding dengan manfaatnya yang hanya sekedar untuk membuat anak tak takut tidur sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya mulailah terbiasa dan membiasakan anak untuk tidur dengan lampu yang dimatikan. Mulailah dari cara sederhana dengan menghindari tidur siang dan berangkat tidur dalam keadaan kondisi tubuh yang lelah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/28/205600876/bahayakah-tidur-dengan-lampu-menyala-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke