Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengurangi Pengeluaran Dalam Memelihara Hewan Peliharaan

Hal itulah yang membuat tidak sedikit orang tega menelantarkan hewan peliharaan yang sudah mereka rawat.

Jadi apabila biaya pengeluaran dalam merawat hewan peliharaan menjadi kendala, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguranginya.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (28/5/2022), berikut ini beberapa cara untuk mengurangi pengeluaran dalam memelihara hewan peliharaan, baik kucing maupun anjing tanpa mengorbankan kualitas hidup mereka.

Memilih makanan hewan peliharaan ukuran paling besar dapat menghemat antara 15-36 persen dibandingkan dengan membeli yang lebih kecil dari merek yang sama.

Bandingkan biaya kunjungan dokter hewan

Kamu pasti menginginkan dokter hewan terbaik untuk hewan peliharaanmu, tetapi luangkan waktu untuk membandingkan harga.

Langkah ini bisa sangat bermanfaat untuk pemeriksaan rutin dan vaksinasi karena prosedur ini tidak memerlukan perawatan spesialis yang mahal.

Jadi, ketahui biaya terendah untuk kunjungan atau perawatan ke dokter hewan yang diperlukan oleh hewan peliharaanmu.


Manfaatkan lembaga atau komunitas pecinta hewan

Jika biaya vaksin dan kebiri atau sterilisasi dirasa terlalu mahal, kamu bisa memanfaatkan lembaga atau komunitas pencinta hewan.

Biasanya lembaga maupun komunitas pecinta hewan mengadakan kegiatan vaksin dan sterilasi hewan peliharaan dengan harga yang terjangkau bahkan gratis.

Sekalipun kamu ingin hewan peliharaanmu memiliki penampilan terbaik, salah satu cara tercepat dan termudah untuk memangkas biaya adalah dengan berhenti membeli kalung, tempat tidur, mainan, dan aksesori lainnya yang terlalu mahal.

Hewan peliharaanmu harus merasa nyaman dan diperlakukan dengan baik, bukan didandani berlebihan.

Selain itu, tidak ada manfaat nyata untuk membeli kalung atau berinvestasi dalam aksesori, terutama jika melebihi anggaranmu.

Pertimbangkan grooming di rumah

Melakukan grooming pada hewan peliharaan penting untuk kesehatannya, tetapi ada beberapa perawatan dasar yang dapat kamu lakukan di rumah.

Ini termasuk mandi, menggunting kuku, membersihkan telinga, membersihkan gigi, dan sebagainya.


Namun, sebelum memutuskan untuk mulai merawat hewan peliharaanmu di rumah, kamu harus membeli alat dan bahan yang tepat untuk mereka karena peralatan untuk manusia (seperti gunting kuku atau pencukur) dapat melukai hewan peliharaanmu.

Tapi, kamu tidak harus memanjakannya dengan membeli mainan mewah. Hewan peliharaanmu tidak akan tahu perbedaan antara mainan mahal dan murah.

Selain itu, alih-alih membeli mainan, kamu bisa membuat mainan sendiri yang akan membuat hewan peliharaanmu terhibur.

Jangan beli suplemen makanan

Jika hewan peliharaanmu menjalani diet berkualitas yang menyediakan semua nutrisi penting bagi mereka, mengapa membutuhkan vitamin yang mahal?

Ini adalah biaya yang tidak perlu, kecuali direkomendasikan secara khusus oleh dokter hewan untuk kebutuhan hewan peliharaanmu

Hindari produk obat dari toko hewan peliharaan

Harga produk obat, seperti sampo kutu bisa mahal dan tidak ada jaminan produk tersebut akan menyelesaikan masalah hewan peliharaanmu.

Sering kali produk ini hanya akan menghabiskan uangmu dan kamu akan merasa perlu membawa hewan peliharaanmu ke dokter hewan untuk menemukan solusi praktis untuk masalahnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/28/111700176/cara-mengurangi-pengeluaran-dalam-memelihara-hewan-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke