Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Merapikan Rumah yang Dapat Menjaga Lingkungan Hidup

Merapikan rumah dengan cara yang ramah lingkungan dapat membuat hunian terasa lebih segar, sehat, dan menenangkan setelah dibersihkan sambil menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. 

Disadur dari Better Homes & Gardens, Kamis (26/5/2022), berikut beberapa tips merapikan rumah yang dapat menjaga lingkungan hidup sebagai berikut.

Langkah pertama merapikan rumah adalah dengan menyortir barang-barang untuk mengetahui mana yang masih dibutuhkan atau tidak.

Barang-barang yang masih dalam kondisi bagus, seperti pakaian, peralatan dapur kecil, buku, bahkan furnitur, dapat didonasikan kepada yang membutuhkan. 

Mendonasikan barang merupakan salah satu cara menjaga lingkungan hidup karena beberapa barang yang seharusnya bisa didaur ulang sering kali berakhir di tempat pembuangan sampah dan berkontribusi terhadap pemanasan global.

Gunakan produk yang berkelanjutan

Jika ingin membeli tempat sampah atau wadah untuk merapikan barang, carilah yang terbuat dari bahan daur ulang atau terbarukan seperti bambu, kapas, dan eceng gondok.

Kerry Keihn dari Earth Equity Advisors menjelaskan, fitur utama dari produk berkelanjutan adalah didesain untuk tahan lama.

“Ini menguntungkan lingkungan dengan mengurangi limbah dan bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk yang dapat diganti juga membuat segalanya lebih efisien bagi konsumen,” ujar Keihn. 

Lebih lanjut, produk yang berkelanjutan sering kali berkualitas lebih tinggi dan lebih tahan lama daripada yang terbuat dari plastik tipis. Walhasil, mereka tidak perlu sering diganti sehingga kamu dapat menghemat uang dan waktu.

Alih-alih membeli wadah baru untuk menyortir pakaian, laci, atau meja, sebaiknya menggunakan barang-barang yang sudah dimiliki.

Kotak sepatu dan perhiasan dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk merapikan isi laci dan stoples kaca bisa dimanfaatkan sebagai wadah pena, bahan dapur kering, atau kuas makeup.

Pindahkan bahan dapur ke wadah lain

Bahan-bahan dapur sebaiknya dipindahkan dari kotak pembungkusnya ke wadah lain.

Stoples kaca kedap udara bisa digunakan untuk menyimpan gandum (oat), pasta, atau beras. Jangan lupa menulis tanggal kadaluwarsanya untuk bisa mengetahuinya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/26/193800476/4-cara-merapikan-rumah-yang-dapat-menjaga-lingkungan-hidup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke