Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Perlu Jasa Laundry, Cara Mencuci Jas Metode Dry Clean di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com- Jas maupun setelan biasa kita gunakan di acara-acara formal maupun pesta. Seringkali jas terbuat dari serat kain wol, katun, sutra dan satin, jenis kain ini membutuhkan perawatan dan pencucian khusus yang tak mudah.

Saat akan mencuci jas biasanya kita akan langsung menggunakan jasa laundry untuk mencucinya. Meskipun praktis, mencuci jas di laundry memakan waktu dan lebih mahal.

Melansir dari Cleanipedia, Kamis (26/5/2022), jika kamu seringkali mencuci pakaian di laundry, tak ada salahnya untuk membeli mesin cuci yang akan memudahkan untuk mencuci pakaian sendiri di rumah.

Selain itu beli lah beberapa alat dan bahan untuk mencuci secara dry clean di rumah. Selain lebih murah kamu juga bisa melakukannya kapan saja.

Dry cleaning mungkin tidak terlalu ampuh untuk mengangkat noda dan kotoran yang membandel. Namun sistem pencucian ini ampuh untuk menjaga serat kain pakaian dari kerusakan selama proses pencucian normal.

Proses pencucian normal mungkin saja merusak warna kain, kancing dan payet yang menempel pada pakaian.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mencuci jas dengan metode dry clean di rumah.

Periksa label perawatan pada jas

Sebelum mencuci jas di rumah, hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah memeriksa label perawatan jas. Ada beberapa jas yang hanya dapat dicuci dengan metode dry clean atau dry clean only.

Beberapa jenis jas yang menggunakan metode dry clean saat pencucian adalah jas berbahan wol, sutra, katun dan linen.

Uji pencucian pada area kecil jas untuk melihat reaksi yang terjadi. Cobalah untuk mengoleskan air yang sudah dicampur dengan deterjen ke area kecil dan tersembunyi pada jas.

Gosok area tes tersebut dengan kapas, jika ada cairan warna yang menempel di kapas artinya kamu harus mencucinya dengan cara dry clean. Begitu pula dengan lapisan lain jas karena biasanya menggunakan bahan yang sama.

Cuci jas

Celupkan jas ke dalam air dingin yang sudah dicampur dengan cairan pencuci khusus sutra dan wol. Kemudian, bilas dengan air dingin dan biarkan mengering secara alami.

Jika kamu mencuci dengan menggunakan mesin cuci, balikkan jas lalu masukkan ke dalam jaring cucian.

Gunakan siklus pencucian lembut dan pastikan untuk menggunakan air suhu normal atau dingin. Setelah jas selesai dicuci, keluarkan jas lalu letakkan di area yang rata hingga kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/26/134500376/tak-perlu-jasa-laundry-cara-mencuci-jas-metode-dry-clean-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke