Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Perbaikan Rumah yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Properti

Ditambah, menentukan harga jual rumah juga bisa sangat sulit. Namun, setiap pemilik rumah tentunya menginginkan harga rumah mereka lebih besar dari pertama kali membelinya. 

Soal harga rumah, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun, yang membedakan harga satu rumah dengan properti lainnya adalah kondisi rumah saat ini. 

Rumah yang terpelihara dengan baik akan mendapatkan harga jauh lebih baik daripada rumah yang terbengkalai.

Sebab, kebanyakan calon pembeli enggan mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan banyak perbaikan atau renovasi. Karena itu, pastikan rumahdalam kondisi baik sebelum berencana menjualnya. 

Untuk menambah nilai pada rumah, ada beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan, salah satunya melakukan perbaikan atau renovasi rumah. 

Ini memang mengeluarkan banyak biaya, bahkan merugikan, tetapi Anda dapat memperoleh banyak keuntungan saat menjual rumah. 

Nah, dikutip dari My Decorative, Rabu (25/5/2022), berikut tips perbaikan rumah yang dapat meningkatkan nilai properti. 

Rumah dengan eksterior yang buruk dan berantakan tentu tidak akan menarik bagi Anda. Hal ini juga menimbulkan kesan bahwa pemiliknya lalai dan tidak merawat propertinya dengan baik.

Begitu pun orang-orang yang melewati rumah Anda akan memikirkan hal yang sama jika kondisi eksterior tidak terawat. 

Maka itu, perhatikan kondisi eksterior hunian Anda. Lihat apa saja yang perlu diperbaiki dan selesaikan. Ganti warna cat eksterior bila sudah kusam atau mengelupas, rawat kebun dengan memotong rumput yang sudah tinggi, dan singkirkan tanaman liar. 

Selain itu, pasang pencahayaan yang bagus di halaman depan rumah. Ini menunjukkan bahwa Anda menjaga tempat itu dalam kondisi aman, baik siang maupu malam hari. 

Lakukan pengecatan ulang pada ruangan yang membutuhkan pembaruan atau perbaikan. Ganti ubin jika lantai sudah aus atau rusak serta gunakan peralatan dapur berkualitas tinggi seperti kitchen island untuk meningkatkan nilai jual rumah Anda lebih jauh lagi.

Perlengkapan dan perangkat keras lama harus diganti dengan yang baru. Tambahkan lebih banyak penyimpanan jika memungkinkan. Semua orang suka memiliki ruang penyimpanan untuk barang-barang mereka.

Perbaikan pada dapur dan kamar mandi Anda akan membantu menambah harga properti Anda. 

Jaga kondisi rumah tetap rapi dan bersih 

Hapus kekacauan dari rumah, baik di dalam maupun di luar. Rapikan barang-barang dan buang sampah yang berserakan.

Pastikan setiap ruangan di rumah dalam keadaan rapi dan tertata. Jaga barang-barang tetap pada tempatnya dan bersihkan rumah secara teratur. Ini tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga membuat calon pembeli tertarik pada rumah Anda. 

Anda dapat meningkatkan nilai jual rumah dengan melakukan beberapa perbaikan rumah  sendiri. Ini akan menjadi investasi Anda ke depan jika berencana menjual rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/25/082500176/3-tips-perbaikan-rumah-yang-dapat-meningkatkan-nilai-jual-properti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke