Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Warna Cat yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Tak jarang, beberapa pemilik rumah berkonsultasi dengan ahli warna untuk menemukan warna yang sempurna. 

Memilih warna cat sebetulnya tidaklah sulit. Pemilihan warna cat sebagian besar bermuara pada selera individu. Sedangkan menemukan warna yang sesuai dengan gaya rumah sebagian besar bermuara pada bagaimana warna tersebut berdampak pada perasaan seseorang.

Dilansir dari Homes to Love, Selasa (24/5/2022), perusahaan cat Australia, Taubmans, bekerja sama dengan perusahaan Virtual Reality Australia, Liminal VR, melakukan peneliian Taubmans Color Emotion Study.  

Para tim psikolog dan ahli saraf yang melakukan penelitian tersebut berkonsultasi dengan Institut Ilmu Saraf dan Kesehatan Mental Florey, fasilitas penelitian otak terkemuka di belahan bumi selatan.

Dari studi tersebut, para peneliti menemukan beberapa warna cat yang mempengaruhi suasana hati seseorang di dalam rumah seperti berikut ini.  

"Tidak mengherankan jika warna pastel yang lebih lembut secara universal terlihat dapat menumbuhkan emosi ini," kata Grace, desainer interior dan konsultan warna.

Dalam Taubmans Color Emotion Study, lebih dari 41 persen peserta memilih warna abu-abu-hijau lembut yang paling menenangkan.

Sementara itu, 38 persen peserta memilih warna kulit telur yang lembut sebagai warna paling menenangkan. 

Warna yang dapat memberikan energi

Grace mengatakan kuning, oranye, dan merah muda sesekali dapat membuat kita merasa bersemangat dan ceria. Nuansa kuning cerah menempati posisi teratas dalam hasil untuk warna paling ceria. 

Namun, berhati-hatilah, karena warna yang sama ini dapat menimbulkan polarisasi dan berisiko membuat beberapa orang merasa tegang dan jengkel.

"Untuk memastikan Anda mendapatkan yang terbaik dari nada-nada ini, gunakan warna-warna ini dengan hemat dan pertimbangkan ruang yang lebih kecil, bentuk yang dicat atau dinding fitur, serta melihat ke luar ruang tamu," saran Grace. 

"Menggunakan warna yang lebih gelap dapat membuat ruangan tampak lebih kecil, jadi pastikan hal ini dipertimbangkan. Atau gunakan warna tren yang lebih gelap ini pada pintu atau dinding fitur," ucap Grace. 

Sebuah pintu masuk, ruang rias, atau kamar mandi adalah ruang yang ideal untuk menerapkan warna gelap. Sebab, di ruangan ini, Anda tidak sering menghabiskan banyak waktu, tapi dapat menciptakan dampak mencolok tanpa harus dikelilingi warna gelap ini untuk waktu lama. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/24/220700776/deretan-warna-cat-yang-dapat-mempengaruhi-suasana-hati-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke