Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini 12 Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Kucing memiliki indra penciuman yang sangat sensitif sehingga mencium aroma yang tidak disukainya dapat menyebabkan menghindar, bahkan berakibat fatal. 

Dilansir dari Love to Know, Selasa (24/5/2022), berikut aroma yang tidak disukai kucing. 

Karena itu, pastikan membersihkan kotak pasir kucing secara rutin. 

Aroma kucing lain 

Meski kucing tidak selalu keberatan dengan bau kucing yang telah dikenalnya, bau kucing baru di rumah dapat membuat kucing peliharaan gelisah.

Lebih buruk lagi, aroma kucing baru dapat menyebabkan kucing lama menyemprotkan urinenya ke berbagai area di rumah untuk menandakan daerah tersebut sebagai kekuasaannya. 

Ikan busuk

Bau ikan busuk menjadi aroma yang tidak disukai kucing. Jangan mencoba memberi makan ikan atau daging yang sudah basi pada kucing. Kucing tidak akan menyukai dan memakannya. Itu hanya akan membuat kucing sakit. 

Tomat, bawang merah , dan bawang putih adalah beberapa aroma yang dapat membuat sistem penciuman kucing terguncang. 

Pisang

Kucing sangat tidak menyukai bau pisang karena etil asetat yang terdapat dalam kulit pisang. Anda bisa memanfaatkan aroma ini dengan menggosokkan kulit pisang pada furnitur untuk mencegah kucing menggaruk atau mencakarnya. 

Buah sitrus

Aroma buah lain yang dibenci kucing adalah semua jenis buah jeruk. Anda bisa memanfaatkan aroma ini untuk menjauhkan kucing dari tempat-tempat tertentu dengan menyemprotkan aroma buah jeruk.  

Produk pembersih rumah tangga

Selain paling beracun jika tertelan, kucing tidak menyukai bau dari bahan kimia pembersih rumah tangga, termasuk sabun dan penyegar udara.

Bahan kimia dalam pembersih ini terlalu sensitif untuk hidung kucing dan akan menghindari area mana pun yang telah disemportkan pembersih.

Inilah sebabnya penting menggunakan pembersih lembut saat membersihkan kotak pasir kucing peliharaan. 

Cabai

Kucing bukan penggemar makanan atau aroma pedas seperti cabai. Aroma apa pun yang pedas tidak akan menyenangkan kucing.

Untuk itu, jauhkan aroma cabai dalam bentuk apa pun dari kucing, baik dalam bentuk utuh, digiling, maupun saus. 

Namun, berhati-hati menggunakan lavender terlalu banyak karena bisa menjadi racun bagi kucing. 

Kopi

Kucing secara naluriah akan mengangkat hidungnya saat mencium aroma kopi, baik itu dalam bentuk bubuk, biji kopi, maupun kopi yang baru diseduh.

Selain tidak menyukai aromanya, kopi juga beracun bagi kucing. Kopi bisa berdampak buruk pada kucing bila tak sengaja menelannya seperti muntah dan kejang-kejang. 

Cuka

Aroma asam yang kuat pada cuka sangat dibenci kucing. Meski tidak beracun, aroma cuka yang menyengat akan membuat sebagian besar kucing akan menjauh, bahkan menandainya untuk melawan baunya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/24/144600376/catat-ini-12-aroma-yang-tidak-disukai-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke