Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bahaya Meletakkan Panci Besi Cor Berisi Makanan ke Kulkas

Lapisan karbon yang ada pada perlengkapan ini pada akhirnya akan menumpuk di bagian bawah wajan dan mencegah makanan lengket. 

Selain itu, dilansir dari Hunker, Rabu (6/4/2022), perlengkapan memasak besi cor dapat mempertahankan panas merata tanpa titik panas yang membakar makanan.

Namun, perlu diketahui bahwa penyimpanan wajan atau panci besi cor juga turut mempengaruhi daya tahannya, terlebih ketika menyimpan langsung bersama dengan makanan yang ada di dalam di kulkas.  

Selain itu, makanan panas dapat menaikkan suhu internal kulkas hingga di atas empat derajat Celsius, yang merupakan tingkat keamanan yang direkomendasikan Departemen Pertanian Amerika Serikat.  

Namun, bagaimana jika memasukkan panci besi cor dalam keadaan dingin? Sebaiknya hal ini juga tetap dihindari karena asam dalam makanan akan menggerogoti bumbu  berkarbonasi pada permukaan wajan.

Hal inimenyebabkan makanan menempel pada permukaan panci. Selain itu, kelembapan dalam makanan menyebabkan permukaan berkarat. 

Dapat menyebabkan keracunan

Selain itu, menurut Drweil.com, meletakan makanan di dalam panci besi cor juga dapat menyebabkan keracunan besi. Hal ini disebabkan terlalu banyak mengonsumsi zat besi.

Zat besi ini karena kelembapan yang menempel pada makanan. Ketika makanan dikonsumsi, hal ini juga membuat zat besi ikut tertelan. 

Dalam jumlah kecil, zat tersebut tidak menimbulkan masalah. Namun, bagi orang-orang yang mengalami kesulitan metabolisme zat besi atau hemochromatosis, kelebihan zat besi bisa menyebabkan kelelahan, nyeri sendi, dan nyeri perut. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/06/221500276/ini-bahaya-meletakkan-panci-besi-cor-berisi-makanan-ke-kulkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke