Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Sukses Mewujudkan Interior Rumah Serba Putih

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain interior rumah serba putih bukanlah tren baru. Akan tetapi, tren ini diyakini masih akan bertahan cukup lama.

Desain interior serba putih dapat dipadukan dengan berbagai gaya dekorasi rumah, misalnya gaya minimalis yang bersih dan teduh, hingga gaya boho yang memberikan kesan hangat.

Dikutip dari Homes to Love, Selasa (5/4/2022), menurut penata gaya interior rumah Kerrie-Ann Jones, kunci untuk menciptakan interior atau ruangan serba putih yang indah dan apik yang masih memancarkan kehangatan terletak pada pelapisan yang cerdas.

Dia menyarankan untuk menggunakan berbagai warna putih hangat dalam dekorasi, perabotan, dan dinding untuk menambah kedalaman dan ketertarikan pada sebuah ruangan.

Coba juga padukan tekstur dengan bahan alami dan permukaan mengkilap, atau tambahkan objet des curiosité atau obyek yang menarik perhatian, seperti karya seni yang menarik, pusaka keluarga, atau hiasan yang ditemui di pasar loak alias thrift store.

"Proses melapisi ruang dengan variasi dari semua elemen inilah yang menciptakan rumah yang menarik," terang Jones.

Berikut beberapa tips sukses mewujudkan interior rumah serba putih yang nyaman dan menarik perhatian.

1. Warna hangat dan sejuk

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui perbedaan antara warna putih hangat dan sejuk, serta mana yang akan membantu Anda mencapai suasana hati atau tampilan yang Anda inginkan.

Warna putih hangat memiliki warna kekuningan atau coklat atau berpasir, misalnya seperti warna krem atau vanila. Adapun warna putih sejuk memiliki warna biru, hijau, atau abu-abu.


"Saya suka warna putih hangat di ruang di mana Anda suka bersantai, seperti kamar tidur, ruang tamu, dan ruang makan. (Warna ini) hanya langsung menambahkan perasaan nyaman ke ruangan," ungkap Jones.

Warna putih sejuk juga dapat memberikan efek menenangkan, tetapi terkadang tampak dingin. Dengan demikian, umumnya berfungsi lebih baik di ruangan dengan banyak sinar matahari alami.

Pertimbangkan untuk menggunakannya di ruangan dengan jendela menghadap ke utara, yang mendapat sinar matahari sepanjang hari, sehingga nada dingin akan membantu mengimbangi kehangatan alami.

Khawatir tentang warna putih akan menimbulkan nuansa seperti di rumah sakit? Jones mengatakan rahasianya adalah menggunakan warna hangat berlapis dengan tekstur yang berbeda, dan menghindari penggunaan warna putih dingin di ruang dengan pencahayaan artifisial.

2. Lapisan warna putih

Melapisi berbagai warna putih di dinding, furnitur, lis, dan gorden akan menciptakan ruang yang ramah.

3. Pertimbangkan elemen dekorasi

Sebelum Anda memutuskan warna cat, pertimbangkan fitur yang ada seperti furnitur, lemari, ubin dan bangku. Semua warna memiliki nada dingin atau hangat, dan ini harus cocok dengan warna putih sempurna Anda.

4. Tekstur alami

Warna putih hangat terlihat bagus dipadukan dengan tekstur alami dan bersahaja karena memiliki palet warna hangat yang serupa. Cobalah mencampur kain linen dan wol dengan kayu ringan dan rotan.

5. Minimalkan elemen dekorasi metalik

Jika Anda suka menggunakan logam untuk menghangatkan ruangan, Jones menyarankan agar menggunakannya seminimal mungkin.

"Gunakan hanya sedikit karena terlalu banyak permukaan logam atau reflektif bisa menjadi sombong di ruang putih," tutur Jones.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/05/071200276/5-tips-sukses-mewujudkan-interior-rumah-serba-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke