Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Feng Shui untuk Meletakkan Tempat Tidur di Kamar Sempit

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng Shui adalah filosofi kuno Tiongkok yang melihat bagaimana seseorang dapat mengatur ruang hidup, untuk mengundang kemakmuran dan kemudahan paling banyak ke dalam hidup.

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (29/1/2022), dalam feng shui, salah satu area terpenting di rumah adalah kamar tidur, dan furnitur yang paling penting adalah tempat tidur. Ini karena Anda biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di kamar tidur daripada bagian lain di rumah.

Saat berada di tempat tidur, waktu itu sering dihabiskan untuk tidur dan istirahat. Keadaan ini sangat penting untuk penyembuhan tubuh, jadi ada bedanya jika feng shui kamar tidur diatur dengan cara yang mendukung tidur nyenyak.

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana menerapkan feng shui diterapkan di kamar tidur kecil atau kamar tidur sempit dan bagaimana menempatkan tempat tidur di kamar tidur kecil.

Ini adalah pertanyaan yang bagus karena tinggal di ruang kecil tentu saja dapat menimbulkan beberapa tantangan dalam hal feng shui.

Pertama, sebaiknya Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa dengan apa yang dimiliki. Tidak semuanya harus menjadi feng shui yang sempurna.

Anda perlu melihat bagaimana menjaga energi mengalir melalui ruangan dengan cara yang seimbang dan mendukung.

Bagaimana menerapkan feng shui di kamar tidur sempit?

Pertama, kenali bahwa kamar tidur sempit adalah apa adanya. Lakukan apa yang Anda bisa di ruang yang Anda miliki.

1. Posisi komando

Pertama, lakukan yang terbaik untuk mengatur tempat tidur dalam posisi memerintah atau posisi komando. Ini berarti bahwa Anda dapat melihat pintu dari tempat tidur saat Anda sedang duduk atau berbaring di tempat tidur.


Ketika Anda dapat melihat pintu, ini memungkinkan Anda untuk memiliki perasaan yang lebih baik tentang apa pun yang mungkin mendekat, sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman, bahkan jika itu hanya di tingkat bawah sadar.

Posisi memerintah adalah tempat yang bagus untuk memulai, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur atau jika cenderung mengalami kecemasan. Jika Anda tidak dapat mengatur tempat tidur dalam posisi ini, Anda dapat memperbaikinya dengan cermin.

Tempatkan cermin pada posisi yang memungkinkan Anda melihat pantulan pintu kamar tidur saat berbaring di tempat tidur.

Aspek lain dari posisi memerintah adalah menempatkan tempat tidur agar tidak langsung sejajar dengan pintu kamar tidur.

Jika ada bagian tempat tidur yang langsung sejajar dengan pintu, atau jika kaki Anda mengarah ke pintu, sebaiknya pindahkan tempat tidur jika memungkinkan.

Namun, ini terkadang sulit dicapai di kamar tidur sempit. Anda dapat memperbaiki posisi ini dengan bola kristal feng shui jika Anda tidak dapat memindahkan tempat tidur.

Untuk melakukan ini, gantung bola kristal di tengah antara pintu dan tempat tidur.

2. Tempat tidur

Idealnya, Anda perlu memiliki tempat tidur yang berukuran penuh atau lebih besar. Untuk kamar orang dewasa, sebaiknya hindari tempat tidur untuk satu orang, jika memungkinkan, kecuali Anda lajang dan ingin tetap lajang.

Misalnya, tempat tidur untuk satu orang mungkin cocok untuk Anda saat ini jika Anda berfokus pada kultivasi diri sendiri daripada mencari pasangan.


Jika Anda berada dalam hubungan atau jika Anda ingin memiliki pasangan, lakukan yang terbaik untuk mendapatkan tempat tidur yang dapat menampung orang lain.

Yang terbaik juga adalah mengatur tempat tidur dengan sandaran kepala yang dipasang dengan kuat dan kokoh di dinding yang aman. Jika memungkinkan, sisakan sedikit ruang di setiap sisi tempat tidur dan di kaki tempat tidur.

Jika Anda tidak dapat melakukan ini, lakukan yang terbaik yang Anda bisa dengan apa yang dimiliki.

Sebenarnya tidak ada penyesuaian feng shui untuk sisi atau kaki tempat tidur di dinding, jadi Anda hanya perlu melihat bagaimana tempat tidur cocok di dalam ruangan.

3. Kolong tempat tidur

Jika Anda bisa, cobalah untuk tidak menyimpan apa pun di bawah tempat tidur.

Bila Anda tinggal di rumah dengan ruang penyimpanan terbatas dan Anda perlu memanfaatkan area di bawah tempat tidur, lakukan yang terbaik untuk tetap menggunakan barang-barang yang berhubungan dengan tidur, seperti selimut lembut, bantal, dan seprai tambahan.

Pastikan untuk tidak menyimpan apa pun yang sangat aktif atau bermuatan emosional di sini, seperti peralatan olahraga atau surat lama dari mantan Anda.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk memastikan tidak ada barang berat yang tergantung di atas tempat tidur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/29/092700576/tips-feng-shui-untuk-meletakkan-tempat-tidur-di-kamar-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke