Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab dan Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Dudukan Toilet

JAKARTA, KOMPAS.com- Noda kuning pada dudukan toilet tentu jadi pemandangan yang tak sedap dilihat dan membuat sebagian orang risih.

Tak hanya terjadi di toilet umum, noda kuning ini juga dapat dialami di toilet rumah Anda. Tak peduli seberapa banyak dan seberapa hati-hati Anda membersihkannya, noda kuning ini akan selalu mengintai.

Akan menjengkelkan apabila noda kuning tersebut sulit dihilangkan meskipun dengan sabun. Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi noda kuning tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini dilansir dari In The Wash pada Jumat (28/01/2022).

1. Urin

Urin yang menempel pada dudukan toilet jadi salah satu penyebab mengapa toilet di rumah Anda berwarna kuning. Seiring waktu, percikan dan tetesan kecil dari urin tersebut akan menupuk, menghasilkan residu dan membekas warna kuning yang sulit dihilangkan jika tak segera dibersihkan.

Semakin lama urin menempel pada plastik, semakin gelap warnanya, dan semakin sulit untuk dibersihkan. Bahkan setelah urin mengering, warnanya akan tetap gelap untuk beberapa waktu.

2. Air berkapur

Mineral dalam air di area air sadah adalah penyebab lain dari toilet berwarna kuning. Saat toilet disiram, air dapat memercik ke atas ke bagian bawah kursi, dan saat air menguap, ia dapat meninggalkan endapan mineral (kerak kapur).

Saat menumpuk, kerak kapur dapat mengembangkan semburat kuning yang dapat merusak permukaan plastik dan menyebabkan warna kuning.

3. Pembersih toilet kimia

Beberapa pembersih berbahan kimia dapat merusak plastik putih, menyebabkan perubahan warna. Ini cenderung karena bahan kimia keras, seperti pemutih kuat yang tidak diencerkan.

4. Sinar matahari

Kita semua tahu bahwa sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar pada manusia dan hewan peliharaan, tetapi tidak banyak orang yang mempertimbangkan efek sinar matahari terhadap plastik, termasuk dudukan toilet. Hanya saja sengatan matahari bisa mengubah plastik menjadi kuning, sedangkan kulit menjadi merah.

1. Rendam dalam pemutih

Untuk noda yang parah, solusi termudah adalah dengan merendam seluruh dudukan toilet dalam pemutih. Cukup lepaskan dudukan toilet dan rendam dalam larutan pemutih dan air.

Setelah beberapa menit, gosok noda sampai hilang. Bilas dudukan toilet secara menyeluruh dengan air bersih, keringkan, dan pasang kembali ke toilet.

2. Bikarbonat soda dan cuka putih

Bikarbonat soda dan cuka putih suling adalah pembersih rumah tangga ramah lingkungan yang populer.

Untuk membersihkan dudukan toilet Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat pasta dari soda bikarbonat dan cuka putih suling dengan perbandingan yang sama.

Oleskan pasta ke dudukan toilet dan biarkan selama antara 10 dan 30 menit. Gosok noda, lalu bersihkan dudukan toilet dengan kain yang dicelupkan ke dalam air bersih dan hangat.

Jika ada noda yang tersisa, ulangi prosesnya. Keringkan dudukan toilet secara menyeluruh untuk menyelesaikannya.

3. Jus Lemon

Sifat asam dari jus lemon dapat menghilangkan noda kuning dan penumpukan kalsium. Cukup campurkan secangkir jus lemon dengan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda ke dalam botol semprot.

Semprotkan campuran di atas dudukan toilet dan biarkan selama sekitar 15 menit. Usap kursi dengan banyak air bersih, dan keringkan secara menyeluruh.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/28/173700776/penyebab-dan-cara-menghilangkan-noda-kuning-pada-dudukan-toilet

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke