Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Langkah Mudah agar Bunga Sedap Malam Awet dan Tahan Lama di Vas

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu mencari bunga potong yang bisa memberikan keharuman di ruangan, bunga ini bisa menjadi solusi. Bunga sedap malam merupakan salah satu bunga potong yang populer karena aromanya yang harum.

Bunga ini juga seringkali dipakai sebagai pelengkap dekorasi saat kelahiran, pernikahaan ataupun hanya sekedar dekorasi ruangan saat perayaan tertentu.

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (26/1/2022), meskipun bunga potong cepat sekali layu dan membusuk, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini agar bunga segar lebih lama.

Langkah 1

Pilihlah bunga sedap malam yang masih kuncup sehingga ia dapat mekar dan memberikan keharuman lebih lama. Keluarkan bunga dari plastik, hati-hati agar kelopak bunga tidak tercabut.

Langkah 2

Potong batang sesuai dengan tinggi vas yang akan kamu gunakan. Setelah mendapatkan tinggi batang yang sesuai, pangkas kembali batang bagian bawah dengan menyerong sekitar 1 cm. Dengan memotong bagian bawah batang, ini dapat membantu membuka pori-pori batang sehingga penyerapan air lebih maksimal.

Langkah 3

Siapkan vas bunga lalu isi toples dengan air, pastikan untuk tidak terlalu penuh. Untuk membuat bunga sedap malam segar lebih lama kamu bisa menambahkan salah satu bahan berikut untuk dilarutkan bersama air di vas. Beberapa diantaranya adalah gula, soda, pemutih, aspirin, cuka apel dan pupuk bunga.

Langkah 4

Masukkan bunga dalam vas yang sudah berisi air. Pastikan tidak ada bunga atau daun yang terendam karena dapat mempercepat pembusukan.

Langkah 5

Kamu bisa mengganti airnya saat air sudah berubah bau dan warna. Potong kembali batang bagian bawah untuk memaksimalkan penyerapan air. Letakkan vas bunga di area yang tidak terkena matahari langsung dan sejuk.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/26/184300776/-5-langkah-mudah-agar-bunga-sedap-malam-awet-dan-tahan-lama-di-vas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke