Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Menciptakan Halaman Rumah yang Ramah Anak

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah halamanmu cukup besar untuk area bermain anak? Jika begitu kamu bisa menciptakan halaman yang aman dan nyaman untuk anak-anak di rumah.

Halaman adalah area yang menyenangkan untuk anak-anak. Di area ini mereka bisa bermain dengan bebas tanpa takut kotor.

Namun beberapa hal di halaman bisa jadi sangat berbahaya untuk anak-anak, seperti kolam ikan ataupun permukaan tanah yang licin.

Melansir dari A Mum Reviews, Sabtu (22/1/2022), berikut ini adalah 5 tips menciptakan area bermain di halaman yang ramah anak.

Tutupi halaman dengan rumput

Hamparan rumput hijau tentu akan menjadi tempat yang nyaman untuk anak-anak bermain. Tak hanya disukai anak balita, rumput juga disenangi anak di berbagai usia karena mereka bisa bermain bola atau lompat tali di atasnya.

Menambahkan rumput di halaman merupakan ide brilian, jika kamu khawatir dengan perawatan rumput hias, kamu bisa menggunakan rumput sintetis untuk menutupi area tanah.

Pemilihan tanaman

Jika kamu memiliki anak kecil dirumah dan ingin menciptakan taman yang ramah anak sebaiknya pilih tanaman yang aman untuk anak.

Hindari memilih tanaman dengan duri atau daun dan buah yang beracun. Kita tidak pernah tau anak-anak bisa saja memetik dan mengunyahnya.

Pilihlah tanaman sayur seperti tomat dan selada, ajak mereka untuk memanen bersama. Kamu juga bisa menanam tanaman buah seperti jeruk dan apel.

Jika kamu memiliki area teras di taman, pastikan untuk menggunakan material yang aman. Hindari memilih batu alam, keramik atau kayu yang licin.

Kamu juga bisa menambahkan lapisan non-slip di atas permukaannya agar lebih aman. Tak hanya untuk anak-anak, biasanya ini juga bermanfaat jika kamu memiliki lansia di rumah.

Area penyimpanan

Saat berada di halaman anak-anak biasanya suka bermain pasir dengan sekop plastik atau sekedar bersepeda.

Untuk itu sebaiknya siapkan area penyimpanan di luar ruangan untuk menyimpan mainan anak-anak.

Pastikan mainan luar rumah tidak tercampur dengan mainan dalam rumah sebelum di steril karena bisa membawa bakteri dan hama masuk ke dalam rumah.

Pagar dan Kolam ikan

Jika kamu memiliki kolam atau kolam ikan di area taman, pastikan anak-anak tidak mendekatinya tanpa pengawasan.

Kamu bisa membuat pagar pembatas di sekitar kolam sehingga lebih aman untuk anak-anak. Selain itu kamu juga bisa menambahkan pagar pembatas bila kamu tinggal di dekat jalan raya agar aman.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/22/135300676/5-tips-menciptakan-halaman-rumah-yang-ramah-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke