Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Keset Kamar Mandi yang Benar, Kurangi Penyebaran Bakteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Keset kamar mandi harus dicuci dan dibersihkan secara rutin. Akan tetapi, faktanya banyak orang lupa mencuci keset kamar mandi, yang dapat menjadi sarang bakteri.

Dilansir dari Express UK, Sabtu (22/1/2022), sebuah survei baru-baru ini menemukan bahwa 41 persen warga di Inggris saja menghabiskan waktu dua minggu atau lebih untuk mencuci keset kamar mandi.

Perusahaan peralatan kamar mandi mewah, Big Bathroom Shop melakukan jajak pendapat tentang kebiasaan membersihkan kamar mandi dan menemukan bahwa hampir setengah dari orang yang disurvei mengabaikan keset kamar mandi.

Lebih lanjut, 13 persen responden mengatakan, mereka mencuci keset kamar mandi hanya beberapa kali dalam setahun dan lima persen responden mengaku mencuci keset kamar mandi hanya setahun sekali.

Rikki Fothergill, perwakilan Big Bathroom Shop menuturkan, keset kamar mandi adalah tempat berkembang biaknya bakteri jahat di kamar mandi.

“Anda harus bertujuan untuk membersihkannya setidaknya seminggu sekali, tergantung seberapa sering digunakan," terang Fothergill.

“Menempel di lantai, keset tidak memiliki cara untuk mengalirkan udara atau mengeringkan dan ini akan menciptakan kelembapan dan mengakibatkan penumpukan jamur," sebut dia.

Sementara itu, ahli kebersihan rumah Belinda Everingham menjekaskan cara mencuci keset kamar mandi dengan benar.

“Selalu ingat untuk secara teratur membersihkan barang-barang kamar mandi yang sering digunakan seperti keset kamar mandi dan handuk, serta permukaan yang sangat disentuh," terang Everingham.

"Ini (keset) sering menjadi tempat paling kotor di kamar mandi di mana kuman bisa menyebar," ujarnya. 


Pertama, periksa label perawatan keset kamar mandi sebelum mencucinya karena ini akan memastikan keset dibersihkan dengan benar. Everingham menjelaskan, keset kamar mandi harus sedikit dikucek terlebih dahulu sebelum dicuci.

“Keset tidak hanya menyerap kelembapan dan uap, tetapi juga mengumpulkan debu, kotoran, dan rambut. Mengucek keset kamar mandi sebelum mencuci sangat penting untuk menghilangkan kotoran yang tidak diinginkan dan menghindari penyumbatan mesin cuci di kemudian hari," ucap Everingham.

Jika keset memiliki lapisan alas karet, pertimbangkan untuk menggunakan kain di area ini untuk menghilangkan kotoran yang terlihat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner.

Saat menggunakan mesin cuci untuk mencuci keset kamar mandi, penting untuk menggunakan pengaturan hangat daripada panas.

Sementara banyak orang berpikir mencuci dengan air panas akan menghilangkan bakteri, Everingham menjelaskan bahwa pengaturan yang hangat adalah yang terbaik untuk menghindari perubahan warna.

“Gunakan deterjen beraroma favorit Anda dan tambahkan soda kue, setengah cangkir sudah cukup. Ini akan membantu menghilangkan bau, mencerahkan warna dan mengurangi bakteri," sebutnya.

“Menambahkan (minyak aroma) lavender juga dapat membantu menjaga kesegaran dan membantu mengurangi jamur," tutur dia.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/22/072000376/cara-mencuci-keset-kamar-mandi-yang-benar-kurangi-penyebaran-bakteri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke