Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Manfaat Tanaman Pakis Sarang Burung untuk Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com- Bird nest fern adalah sejenis tanaman pakis dikenal juga dengan nama pakis sarang burung.

Tanaman ini memiliki bentuk daun bergelombang yang cantik dengan warna hijau terang. Menjadikannya tambahan cantik didalam koleksi tanaman hiasmu.

Tak hanya memiliki bentuk yang eksotik, tanaman ini juga memiliki beragam manfaat dan kegunaan yang menarik.

Melansir dari Petal Republic, Sabtu (8/1/2022), tanaman ini berkembang biak dengan spora dan dapat tumbuh hingga tinggi 5 kaki dengan lebar 8 kaki di luar ruangan. Berikut ini adalah manfaat dan kegunaan dari tanaman bird nest fern.

Pemurni udara

Beberapa tanaman hias memiliki manfaat sebagai pemurni udara dan mengurangi polutan berbahaya, salah satunya ialah tanaman pakis.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa pakis sarang burung walet mengurangi konsentrasi CO2 dari 2000 ppm ke tingkat yang lebih aman yaitu 800 ppm. Selain itu tanaman ini juga berperan dalam penurunan suhu dan kelembaban.

Properti medis

Bird nest fern dikenal memiliki konsentrasi flavonoid bioaktif yang kaya. Studi menunjukkan bahwa komponen alami ini mungkin memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-kanker.tanaman ini sudah digunakan dalam pengobatan tradisional.

Lotion yang dibuat dari ekstrak daun juga telah digunakan untuk mengobati demam, sementara infus daun telah digunakan untuk meredakan nyeri persalinan saat melahirkan.

Menurut feng shui tanaman adalah salah satu media untuk menangkal sha atau energi negatif. Untuk itu meletakkan tanaman hias pada sudut rumah dipercaya bisa membelokkan sha dari rumah.

Salah satu tanaman yang bisa hidup dengan baik di sudut rumah adalah bird nest fern. Selain itu tanaman ini juga cocok diletakkan di dalam kamar mandi karena toleran akan area lembab.

Perawatannya mudah

Tanaman bird nest fern relatif mudah dirawat terutama di lokasi tumbuh yang menyerupai habitat asli mereka.

Bird nest fern dapat tumbuh dengan baik pada suhu 70 dan 80 derajat Fahrenheit dengan kelembaban yang cukup.

Tanaman ini menyukai tanah yang lembab namun tidak basah dan berair dengan PH tanah asam 5 hingga 6,5.

Mudah diperbanyak

Untuk memperbanyak tanaman bird nest fern, kamu hanya membutuhkan daun yang memiliki banyak spora di bagian belakang.

Masukkan daun ke dalam kantong kertas dan tunggu beberapa hari hingga spora jatuh kedalam kantong.

Taburkan spora di media tanam lumut gambut yang lembab lalu tempatkan di area yang teduh. Perkecambahan biasanya harus memakan waktu sekitar 2 minggu lalu spora akan mulai bertunas.

Jika kamu memiliki alergi, menanam bird nest fern adalah pilihan yang tepat. Tak hanya menyaring udara, tanaman ini juga meningkatkan kelembaban.

Tingkat kelembaban rendah sering dikaitkan dengan penyebab alergi. Selain itu tanaman ini tidak memproduksi bunga ataupun serbuk sari yang menyebabkan alergi.

Dapat ditanam di area gelap

Di habitat aslinya tanaman ini tumbuh subur di bawah naungan pohon-pohon besar. Untuk itu tanaman hias ini sangat suka bila ditanam dekat pohon besar atau tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Untuk itu tanaman ini cocok ditanam di berbagai area di dalam rumah seperti kamar mandi dan sudut ruangan yang minim cahaya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/09/115000676/7-manfaat-tanaman-pakis-sarang-burung-untuk-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke