Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mendekorasi Rumah Bebas Stres Menurut Desainer Interior

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah adalah tempat perlindungan yang dapat membuat merasa nyaman dan santai.

Pilihan dekorasi rumah membantu menumbuhkan rasa damai itu, serta bagaimana Anda mendekorasi ruang dapat berdampak besar pada perasaan saat berada di dalamnya.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Sabtu (8/1/2022), rumah yang dirancang dengan baik yang diisi dengan barang-barang yang Anda sukai dapat menenangkan dan menghilangkan stres, sementara kamar yang berantakan dapat memiliki efek sebaliknya pada suasana hati dan kesehatan mental Anda.

Beberapa desainer interior membagikan tips tentang cara mengubah rumah menjadi tempat perlindungan pribadi yang membuat Anda nyaman seperti berikut ini.

1. Mulailah dengan palet warna netral

Nuansa warna netral yang redup lebih mudah dilihat daripada warna-warna cerah.

"Meskipun saya adalah orang yang suka mendekorasi dengan warna karena bisa menyenangkan dan mengasyikkan, saya percaya bahwa ruang netral mempromosikan getaran paling tenang," kata desainer interior Karin Bohn.

Saat mendekorasi dengan warna netral putih atau berwarna terang (seperti krem, putih pudar, atau kelabu tua), gunakan banyak tekstur untuk menciptakan ketertarikan.

Dinding putih datar dan perabotan putih halus dapat dengan mudah berbaur dengan kebosanan, jadi lapisi berbagai kain dan pola halus. Tambahkan nuansa hangat, seperti emas, cokelat pucat, atau kuning pudar, agar putih tidak terlihat terlalu steril.

2. Buat klaster warna

Untuk kebahagiaan dan kepositifan, tambahkan beberapa aksesori berwarna cerah seperti bantal, saran Meghan Hackett-Cassidy dan Erin Hackett dari Hackett Interiors.

Tembikar dalam warna favorit, karya seni yang semarak, vas berwarna permata, dan barang-barang lain yang berwarna intens dapat membantu menarik mata dan memfokuskan pikiran.

Maksimalkan efek kenyamanan aksesori favorit dengan mengelompokkannya untuk menciptakan titik fokus.

Dengan begitu, setiap kali Anda lewat, Anda dapat menikmati kesenangan kolektif dari barang-barang tersebut.

Pastikan untuk memilih tempat yang Anda perhatikan setiap hari, seperti rak perapian atau meja konsol pintu masuk.

3. Perhatikan pencahayaan

Manfaatkan berbagai jenis pencahayaan (termasuk pencahayaan alami, ambient, dan task lighting) di setiap ruangan.

"Memiliki ruangan yang terang adalah cara mudah untuk membuat ruang terasa lebih mengundang dan menyatu," kata desainer interior Sara Barney.

"Pertimbangkan untuk menambahkan beberapa sconce, lampu lantai, lampu meja, atau liontin untuk membawa lebih banyak cahaya ke ruang yang lebih gelap di rumah Anda."

Pada siang hari, manfaatkan cahaya alami dengan membuka tirai dan nikmati sinar matahari yang masuk. Kemudian, buat skema pencahayaan untuk malam hari yang sama menariknya dengan sinar alam dengan bohlam yang memancarkan cahaya lembut dan hangat.

4. Aroma ruangan

Aroma yang menyenangkan adalah salah satu rute tercepat menuju relaksasi dan rasa sejahtera. Desainer interior Darla Bankston May menyarankan untuk membakar lilin beraroma favorit Anda dan menempatkan bunga segar yang harum di ruangan yang paling sering Anda gunakan.


Atau, coba jalankan diffuser minyak esensial untuk mengisi ruangan dengan campuran aroma khas Anda sendiri.

"Eucalyptus, geranium, dan chamomile adalah beberapa favorit saya, dan mereka membawa kualitas seperti spa yang menenangkan ke ruangan mana pun," kata desainer interior Caitlin Murray.

5. Gunakan foto keluarga

Gunakan foto berbingkai untuk membawa pikiran Anda ke tempat-tempat menyenangkan yang pernah Anda kunjungi, seperti perjalanan ke pantai atau pernikahan keluarga yang indah.

"Mengelilingi diri Anda dengan kenangan indah dan wajah yang Anda cintai bisa menjadi cara yang bagus untuk menambahkan sedikit kehangatan ke ruangan Anda," ujar desainer interior Abbe Fenimore.

Simpan gambar orang terkasih dalam pandangan Anda sehari-hari, atau simpan foto di album atau kotak yang mudah diakses.

6. Letakkan tanaman

Seikat bunga, susunan cabang, atau beberapa tanaman hias dapat membawa angin segar ke dalam ruangan.

"Ini bisa sesederhana mengumpulkan seikat cabang dari pohon di halaman belakang Anda dan memasukkannya ke dalam vas," tutur desainer interior Linda Eyles.

Untuk bagian tengah yang mudah terinspirasi spa, Eyles menyarankan untuk mengisi mangkuk lebar dan dangkal sekitar setengah jalan dengan air dan mengambangkan beberapa bunga favorit Anda di permukaan.

Jika Anda khawatir tentang kelopak layu dan tanaman yang terabaikan, pilih bunga kering.

7. Pemandangan ke alam

Jika Anda memiliki pemandangan indah dari jendela Anda, sorot potret alam itu dengan pilihan perawatan jendela yang cerdas.

Perawatan jendela dengan gorden layering memberi Anda pilihan untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan cuaca setiap harinya. 

8. Lembutkan dengan tekstil

Lapisi tekstil yang nyaman, seperti rajutan, beludru, dan suede, untuk memberikan tampilan dan nuansa santai pada dekorasi Anda.

Tirai yang menggenang di lantai, dan banyak bantal, semuanya menghadirkan rasa nyaman di sebuah ruangan.

Selain itu, aksen ini mudah (dan relatif murah) untuk diganti sesuka hati.

"Karpet, bantal, dan selimut menjadi usang seiring waktu, jadi melakukan upaya terkoordinasi untuk mengganti semuanya sekaligus membantu ruangan terasa halus dan kohesif, mengirimkan sinyal kepuasan ke otak," ucap Murray.

Untuk bantal, pilih berbagai bentuk dan ukuran dan pindahkan secara teratur.

9. Ulangi dekorasi ruangan dengan perubahan sederhana 

Terkadang pengulangan sederhana yang menciptakan rasa tegang, dan semua kebutuhan ruang adalah penyegaran cepat untuk memaksimalkan tingkat kenyamanannya.

Jaga agar pendekatan tetap sederhana namun segar dengan mengubah tampilan ruangan sesuai musim. Gunakan sarung untuk sofa, atur ulang beberapa furnitur, atau tambahkan dekorasi musiman untuk membuat ruangan lebih ramah.

10. Perhatikan kamar mandi

Jadikan kamar mandi Anda berfungsi untuk kebutuhan praktis dan memanjakan. Ciptakan suasana seperti spa dengan tambahan sederhana seperti setumpuk handuk lembut atau beberapa lilin, lalu manfaatkan ruang tersebut untuk menghilangkan stres dengan mandi.


"Bersihkan mainan anak-anak, ambil buku favorit Anda dan bawa kembali kamar mandi sebagai milik Anda untuk beberapa saat menyendiri," saran desainer interior Kate Lester.

Warna-warna hangat, pencahayaan lembut, dan musik yang menenangkan dapat menambah nuansa yang menenangkan di kamar mandi.

11. Buat kamar tidur yang nyaman

Tingkatkan kualitas tidur dan kualitas jam bangun Anda dengan menjadikan kamar tidur Anda sebagai tempat perlindungan.

"Setelah hari yang panjang, tidak ada yang lebih menenangkan daripada menyelinap ke seprai yang bersih, bersih, dan berserat tinggi," papar Lester.

"Investasikan dalam satu set seprai dan setiap malam Anda akan merasa seperti sedang bersantai di hotel mewah favorit Anda," imbuhnya. 

Untuk memperluas efek menenangkan di luar tempat tidur Anda, simpan hanya hal-hal penting dalam jangkauan dan dalam pandangan.

Hiasi dinding dengan warna yang membuat Anda nyaman, dan tambahkan hanya karya seni yang membuat Anda tersenyum. Tutupi lantai dengan karpet  yang terasa paling nyaman dengan kaki telanjang.

12. Ciptakan zona nyaman

Tentukan tempat di rumah Anda di mana bersantai adalah fungsi utamanya, saran desainer interior Darla Bankston May.


Sesuaikan dengan pilihan aktivitas santai Anda, apakah itu membaca, mendengarkan musik, atau bermeditasi.

"Pindahkan kursi yang nyaman ke tempat di rumah Anda yang mendapat cahaya alami atau memiliki pemandangan yang Anda sukai," katanya.

Letakkan penghalang antara Anda dan gangguan, seperti partisi lipat untuk menghalangi pandangan yang tidak diinginkan dan mengarahkan lalu lintas pejalan kaki menjauh dari area tersebut.

Anda tidak perlu menyisihkan seluruh ruangan. Pilih saja tempat yang keluar dari arus utama aktivitas rumah tangga.

"Yang Anda butuhkan hanyalah kursi yang nyaman, lampu lantai, dan meja samping untuk cangkir teh Anda," kata desainer Linda Eyles.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/08/173300176/tips-mendekorasi-rumah-bebas-stres-menurut-desainer-interior

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke