Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Menyiram Tanaman di Siang Hari?

JAKARTA, KOMPAS.com- Seperti halnya hewan, tumbuhan membutuhkan air untuk bertahan hidup dan berkembang.

Tapi jangan hanya menyiram air sesuka hatimu, ikuti aturan praktis tertentu dalam menyiram agar tanaman sehat dan bahagia.

Para ahli merekomendasikan penyiraman secara eratur untuk tanaman di luar ruangan selama musim tanam, kemudian lebih sedikit air di musim dingin.

Penyiraman di tengah hari tidak dianjurkan. Irigasi pagi hari adalah yang terbaik, sebelum matahari terbit dan menguapkan air.

Sedangkan untuk tanaman hias, waktu terbaik untuk menyiram tanaman indoor adalah saat sudah kering.

Nah, agar lebih paham, simak penjelasan mengenai penyiraman tanaman dan waktu yang tepat berikut ini dilansir dari SF Gates pada MinggU (02/01/2021).

Sebagian besar tanaman terdiri air. Itu berarti mereka membutuhkan cukup banyak air untuk bertahan hidup.

Ketika tidak ada hujan, maka pemilik tanaman wajib memberikan penyiraman yang cukup agar ia tetap terdehidrasi dengan baik.

Air memasuki tanaman melalui akarnya, berjalan ke batang tanaman dan masuk ke daun untuk menghidrasi dedaunan.

Tanaman yang disiram dengan baik memiliki tekanan air yang cukup untuk mengisi daun. Ketika tanaman memiliki daun yang kuat, pelajari, Anda tahu itu terhidrasi dengan baik.

Ketika air yang tersedia untuk tanaman tidak mencukupi kebutuhannya, tekanan air di dalam sel tanaman turun. Tanaman layu, dan, pada waktunya, daunnya bisa mati.

Tanaman juga membutuhkan air untuk fotosintesis, proses yang mereka gunakan untuk membuat makanan dari sinar matahari.

Karena hewan mendapatkan sebagian besar energinya dari tumbuhan, fotosintesis dapat dipandang sebagai pusat dari semua kehidupan di bumi.

Fotosintesis terjadi di daun hijau tanaman, dan untuk membuat glukosa, dibutuhkan kombinasi energi dari sinar matahari, air dari tanah, dan gas karbon dioksida dari udara.

Tanaman serta semua organisme hidup lainnya bergantung pada glukosa untuk energi. Jika tanaman tidak mendapatkan air yang cukup, ia tidak dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk hidup dan tumbuh.

Waktu terbaik untuk menyirami tanaman di luar ruangan adalah di pagi hari. Ini memberi tanaman Anda pasokan air yang baik untuk menghadapi panasnya hari.

Idealnya, Anda harus memberi tanaman Anda minuman di pagi hari saat suhu masih rendah. Itu berarti lebih sedikit air yang akan menguap saat Anda menyiram di waktu fajar, dan tanaman akan menggunakan sebagian besar air yang Anda distribusikan.

Beberapa orang lebih suka air di sore hari atau sore hari. Tetapi penyiraman di sore hari dapat berarti bahwa tanaman masih basah saat malam tiba.

Dedaunan yang tetap basah untuk waktu yang lama adalah tempat berkembang biaknya penyakit jamur.

Lebih mudah untuk menyirami tanaman di tengah hari karena semua orang sudah bangun, dan sering kali menyenangkan berada di luar ruangan. Tapi itu belum tentu baik untuk tanaman.

Penguapan tinggi ketika panas di luar. Itu berarti sebagian air yang dibutuhkan tanaman Anda akan diuapkan sebelum dapat digunakan.

Cara terbaik untuk menyirami tanaman di cuaca yang sangat panas adalah dengan memberikan irigasi ekstra di pagi hari untuk melihatnya sepanjang hari.

Namun, jika tanaman Anda menunjukkan stres kekeringan di tengah hari, lanjutkan dan beri mereka air.

 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/02/204800776/bolehkah-menyiram-tanaman-di-siang-hari-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke