Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lupa, 5 Benda di Rumah Ini Harus Rutin Diganti

Namun, masih ada beberapa barang di rumah yang terkadang terlupakan untuk masuk dalam jadwal pengantian.

Dilansir dari Hunker, Selasa (28/12/2021) berikut beberapa barang yang sering terlupakan untuk segera diganti. 

Cooker hood

Cooker hood atau exhaust kompor harus dibersihkan setahun sekali. Kebanyakan orang hanya menggunakan kipas tudung ventilasi mereka beberapa kali dalam setahun, padahal filter bisa membuat filter kipas memburuk.

Filter ventilasi ini dapat terkorosi oleh minyak, debu, dan kotoran lain yang digunakan di dapur dan menyebabkan bau busuk. Untuk itu, perhatikan tanda-tanda kerusakaan dan ganti jika muncul kerusakan parah.  

Filter air kulkas

Filter air kulkas adalah benda yang membuat air minum dan es terasa bersih dan segar. Untuk filter berfungsi dengan baik dan mencegah penumpukan kapur dan kalsium, filter harus diganti setidaknya setiap enam bulan sekali.

Beberapa model kulkas yang lebih baru dapat memberi tahu Anda kapan saatnya mengganti filter. Setiap merek dan model kulkas memiliki filter air yang berbeda.

Jadi, perhatikan buku manual milik kulkas Anda untuk menentukan jenis filter yang diperlukan dan di mana letaknya filter tersebut. 

Meski membersihkannya setiap beberapa bulan dapat memperpanjang masa pakainya, ada baiknya mengganti bantal lama dengan bantal baru setiap satu hingga dua tahun sekali.

Menggunakan bantal lebih lama dapat menyebabkan alergi, kulit berjerawat, serta kebiasaan tidur yang buruk.  

Sikat kloset

Sikat toilet digunakan untuk membersihkan kloset. Namun, setelah digunakan berkali-kali, sikat kloset dapat menjadi sarang bakteri jahat seperti jamur dan kuman berbahaya lainnya dari urine dan kotoran.

Ganti sikat kloset setelah enam bulan digunakan. Sikat kloset harus selalu disimpan di tempat yang aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Meski tampak kering, sebenarnya keset kamar mandi tetap basah atau lembap untuk waktu lama dan ini dapat menumbuhkan jamur serta lumut.

Untuk menjaganya tetap bersih, keset kamar mandi harus dicuci setidaknya sekali seminggu. Kemudian, mengganti jika mulai menunjukkan keausan yang signifikan atau masih berbau aneh meski setelah dicuci.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/28/175200676/jangan-lupa-5-benda-di-rumah-ini-harus-rutin-diganti

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke