Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Rutin Konsultasi Kesehatan Hewan Peliharaan ke Dokter Hewan

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara hewan peliharaan berarti Anda juga harus memperhatikan kesehatan dan kesejahteraannya. Salah satunya dengan secara rutin mengonsultasikan kesehatan hewan peliharaan ke dokter hewan.

Ridarrahim Nirwandar, Presiden Direktur Royal Canin Indonesia mengatakan, pihaknya meyakini l anjing dan kucing dapat membuat hidup manusia menjadi lebih baik. Sehingga, penting untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi hewan kesayangan mereka.

Ridarrahim juga menyatakan, pemilik hewan peliharaan juga perlu menyediakan waktu beraktivitas bersama dengan anjing dan kucing kesayangan.

Selain mengajak beraktivitas bersama, ada hal lain yang masih perlu jadi perhatian penyayang hewan peliharaan kesayangan.

“Data menunjukan bahwa 3 dari 4 orang pemilik hewan kesayangan belum pernah membawa hewan kesayangannya ke dokter hewan,” ujar Ridarrahim dalam siaran pers, Senin (20/12/2021).

Data tersebut diperoleh dari survey internal Royal Canin terhadap pemilik hewan peliharaan selama tahun 2018 dan 2020.

Hal tersebut menunjukkan kondisi memperihatinkan dalam kegiatan memelihara hewan kesayangan, masih ada isu soal kesehatan hewan kesayangan belum terjamin.

Untuk itu, Royal Canin Indonesia mengajak dokter hewan dalam mengedukasi para pemilik hewan untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan mereka.

Sebab, sosok dokter hewan, bagi Royal Canin, merupakan garda terdepan dalam memberikan informasi berbasis kelimuan soal kesejahteraan hingga kesehatan atas hewan kesayangan yang bisa dipertanggung jawabkan.


Diakui oleh Royal Canin Indonesia, sampai saat ini pasokan informasi soal hewan kesayangan, terutama dalam menjaga kesejahteraan, asupan makanan, kesehatan, sampai pengobatan jika sakit masih didominasi asupan informasi dari sumber-sumber populer. Terutama dari internet dan juga dari sesama penyayang hewan.

“Dokter hewan adalah sumber edukasi dan informasi terbaik bagi para pemilik hewan kesayangan dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangannya. Terbukti bahwa pemilik hewan yang teredukasi akan lebih sering datang ke dokter hewan," ujar Ridarrahim.

"Tak hanya ketika hewan kesayangannya sakit, tapi juga untuk berkonsultasi seputar kesehatan hewan kesayangan, termasuk dalam memberikan vaksin, obat cacing, dan sebagainya. Sehingga hal ini mampu meningkatkan dunia yang lebih baik bagi kita semua, khususnya bagi anjing dan kucing,” sambungnya.

Donny Bustaman, Vet Pillar Head Royal Canin Indonesia, mengatakan, kondisi pandemi COVID-19 juga membawa perubahan terhadap hidup manusia dan hewan.

Situasi dan kondisi pandemi yang membuat orang banyak melakukan kegiatan dari rumah meningkatkan aktivitas secara daring.

“Di internet itu sangat banyak dan mudah untuk mendapatkan segala informasi. Termasuk informasi seputar hewan kesayangan yang tidak berbasis science, sekadar berdasarkan informasi katanya kawan saya, katanya influencer, dan lain sebagainya,” jelas Donny.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/20/140607576/pentingnya-rutin-konsultasi-kesehatan-hewan-peliharaan-ke-dokter-hewan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke