Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Ciptakan Teras Rumah Minimalis Bernuansa Zen

JAKARTA, KOMPAS.com – Teras rumah minimalis bernuansa zen dapat menciptakan suasana tenang bagi para tamu yang berkunjung.

Meski bergaya sederhana, teras rumah yang ditata dengan rapi dapat memberi kesan tersendiri. Terlebih jika teras turut difungsikan sebagai ruang untuk menghadirkan taman atau kebun minimalis.

Melansir Houzz, Senin (20/12/2021), ada sejumlah tips yang patut diikuti jika ingin menciptakan teras rumah minimalis modern tanpa memakan banyak biaya. Apa saja?

Rumput dapat menjadi bahan permukaan yang bagus di taman minimalis sederhana. Sebab, kamu bisa mengaturnya sedemikian rupa. Seperti dipangkas sangat pendek, atau dibiarkan tumbuh bebas.

Rumput menciptakan dasar netral yang bisa dikombinasikan dengan permukaan alami lainnya seperti batu dan kayu.

Dalam pengaturan teras rumah minimalis, kamu bisa atur rumput di tanah yang telah disiapkan dan diratakan secara hati-hati.

Adapun hal ini untuk menciptakan tampilan rumput rapi yang hampir menyerupai sebuah karpet. Alternatifnya, gunakan rumput buatan.

2. Batasi penggunaan bahan hardscape

Dalam menciptakan teras rumah minimalis elegan, batasi penggunaan sejumlah bahan hardscape dan warna. Hal ini untuk mendapatkan tampilan teras yang bersih dan sederhana.

Mengutip The Spruce, hardscape mengacu pada seluruh elemen non-hidup seperti teras bata atau dinding batu.


Dalam dunia lanskap, hardscape dapat mencakup hampir seluruh tipe struktur dekoratif atau praktis seperti jalan masuk, pagar, hingga bangku.

Saat mengatur teras, paving mungkin merupakan pilihan yang jelas untuk lantai. Meski begitu, penggunaan paving tetap harus dilakukan secara hati-hati agar hasil akhirnya sempurna.

Misalnya, kamu bisa gunakan lapisan paving abu-abu yang hangat untuk melengkapi detail abu-abu dari tempat duduk, wadah tanaman, dan bingkai jendela.

Perhatian terhadap detail dapat memberikan hasil akhir yang minimalis namun tetap terlihat profesional pada teras rumahmu.

3. Tetapkan batasan

Desain teras rumah minimalis dapat dimulai dengan batasan. Sebab, desain minimalis adalah tentang pembatasan. Misalnya dalam penggunaan warna, bahan atau dekorasi lain seperti pagar, dinding, atau pagar rumput.

Batasan ini sangat penting guna menciptakan skema yang bagus. Warna netral cenderung menjadi pilihan yang populer karena memberi nuansa yang menenangkan dan bersahaja.

Kamu bisa gunakan panel logam bergelombang yang tidak dicat dan digalvanisasi untuk menciptakan tekstur dan bayangan.

Atau, gunakan panel kaca yang ditahan oleh tiang kayu agar cahaya dapat masuk ke teras. Bisa juga pakai dinding balok batu kapur agar teras rumah minimalis semakin terlihat zen.

Dinding balo batu kapur ini bisa difungsikan sebagai layar film atau tempat untuk memantulkan pencahayaan taman.

4. Rapikan palet tanaman

Tanaman memang membantu melembutkan desain teras rumah minimalis. Sebab, mereka membawa kelegaan pada lanskap yang keras.

Supaya teras rumah minimalis asri ini terlihat semakin menarik, batasi tanaman yang akan digunakan untuk menghias teras. Pembatasan ini juga untuk memudahkanmu merawat tanaman.

Kamu juga bisa ciptakan keserasian dengan memasukkan berbagai jenis tanaman dengan nuansa yang berbeda, namun warnanya sama.

Warna tanaman yang disukai oleh desainer rumah termasuk abu-abu netral dan hitam. Namun, kamu bisa menggunakan warna yang unik agar tanaman terlihat kontras dengan wana lanskap.

Gunakan skema warna yang kohesif baik itu dalam pemilihan wadah tanaman, maupun penggunaan palet terbatas. Wadah tanaman harus kontemporer, namun bernuansa bersih dan bergaya.

5. Tambahkan fitur air

Fitur air bisa ditambahkan di teras rumah minimalis , dan menjadi bagian dari skema teras secara keseluruhan. Sebab, mereka menciptakan perasaan yang tenang dari pergerakan air yang diberikan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/20/120100976/5-tips-ciptakan-teras-rumah-minimalis-bernuansa-zen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke