Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Memilih Warna Cat yang Tepat untuk Setiap Ruangan di Rumah

Namun, sebelum mengecat ruangan, penting menguji warna cat yang hendak digunakan, pengambilan sampel, sampai mengevaluasi cahaya alami demi mendapatkan warna yang sempurna. 

Sebab, tidak semua warna cat cocok untuk setiap ruangan. Pemilih warna cat yang salah bisa memperburuk ruangan seperti terlihat kecil, kotor, dan mengganggu kehidupan serta mood.

Demi menghindari kesalahan, berikut ini tips memilih warna cat yang tepat untuk setiap ruangan di rumah dilansir dari My Domaine, Selasa, (30/11/2021).  

Perhatikan fitur permanen di rumah

Sebelum mengecat ruangan, lihat sekeliling rumah Anda dan catat fitur-fitur permanen rumah. Apakah rumah memiliki lantai kayu berwarna gelap, balok terbuka, atau perapian batu bata?

Selain itu, apakah berencana membuat perubahan permanen dalam waktu dekat? Rona dan nada dari semua elemen ini harus sangat dipertimbangkan sebelum melangkah maju dengan desain Anda. 

Jangan gunakan cat sebagai langkah pertama

Tidak apa-apa masuk ke proses desain untuk mengetahui bahwa Anda menginginkan warna yang mencolok. Namun, memilih warna cat harus menjadi langkah terakhir dalam proses desain Anda.

Pertama, temukan inspirasi untuk ruangan, baik itu dalam lukisan keluarga maupun tekstil yang disukai. Pilih kain, furnitur, dan aksen utama terlebih dahulu, lalu pertimbangkan bagaimana semuanya menyatu. 

Ungkapan "berlawanan menarik" sama benarnya dalam hal memilih warna cat seperti halnya dalam hubungan. Rona warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna dapat saling melengkapi. 

Uji cat sebelum melakukan

Meski dinding dapat dicat ulang, itu bukan sesuatu yang ingin Anda lakukan setahun sekali. Jadi, demi menghindari kesalahan memilih warna cat dan mengaplikasikan, uji warna cat yang diinginkan.

Jika menginginkan warna cat yang sedang tren, gunakan sebagai warna aksen dan pilih cat dinding yang lebih abadi atau halus. 

Pertimbangkan gambaran yang lebih besar

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat mengecat rumah adalah tidak mempertimbangkan ruangan yang berdekatan dan cara kerja ruangan secara keseluruhan.

Warna-warna di rumah Anda, terutama pada lantai yang sama, harus memiliki palet yang kohesif serta saling melengkapi.

Demikian juga, jika memiliki dinding aksen, tangga yang dicat, atau plafon yang membuat pernyataan, semua itu harus saling melengkapi. 

Apakah ingin mengecat ruang kerja yang dapat memberi energi? Anda bisa memilih warna hangat, yang memiliki efek merangsang dan warna ceraj.

Begitu pun saat memilih warna cat untuk kamar tidur. Pilih warna-warna yang menghadirkan suasana tenang seperti biru, beige, dan hijau. 

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu faktor paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih warna cat.

Cahaya matahari alami dapat menunjukkan warna yang paling tepat. Jadi, jika memiliki jendela besar dan terang, cat Anda harus sesuai dengan contoh.

Namun perhatikan jam berapa Anda cenderung menggunakan setiap ruangan. Bila hanya menggunakan kamar tidur pada malam hari, cahaya alami yang bagus itu tidak akan berpengaruh apa pun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/30/160200876/7-tips-memilih-warna-cat-yang-tepat-untuk-setiap-ruangan-di-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke